Kiat Jitu Penggunaan Make Up Agar Cantik Menarik







Kiat Menggunakan Make-up agar Terlihat Cantik

Rumahayu.Com - Untuk tampil cantik sehari-hari, Anda bisa make-up sendiri dirumah. Jika selama ini Anda hanya mengoleskan pelembab, tabir surya, bedak dan lipstik, maka cobalah beberapa langkah pembeda berikut ini: 

Hindari Polesan Tebal 

Tujuan dari tata rias wajah adalah menonjolkan bagian wajah yang cantik, bukan untuk menarik perhatian negatif. Inilah yang akan terjadi jika mengoleskan make-up terlalu tebal. Hindari polesan tebal untuk bagian dan perlengkapan berikut:
  • Garis mata/ eyeliner 
Garis mata hitam, tebal menciptakan kesan berlebihan dan akan merusak make-up secara keseluruhan.
  • Maskara 
Mengoleskan terlalu banyak maskara mengesankan kesan palsu. Akan tampak lebih buruk lagi jika disertai dengan garis mata tebal dan perona mata biru tua.
  • Alas Bedak 
Pastikan warna alas bedak serasi dengan warna kulit Anda. Tujuan dari alas bedak itu sendiri adalah membuat wajah tampak halus. Kuncinya adalah baurkan dengan baik.
  • Bedak 
Aturan yang sama juga berlaku untuk bedak. Jangan oleskan terlalu tebal. Baurkan secara baik sehingga tidak tampak garis batas yang kentara.
Memberi Warna pada Bibir 

Gunakan pensil bibir untuk mewarnai seluruh bibir. Lalu oleskan lipstik diatasnya. Cara ini membuat lipstik melekat lebih lama di bibir. Pastikan garis bibir Anda tidak tampak kentara. Pilih warna lipstik yang serasi dengan warna kulit Anda. 

Jika ingin membuat bibir tampak lebih kecil, buat garis bibir didalam garis bibir alamiah. Tapi jika Anda ingin membuat bibir tampak lebih besar, membuat garis bibir diluar garis bibir alamiah membuat riasan tampak berantakan dan tidak natural. 

Sesuaikan dengan Situasi 

Sesuaikan make-up dengan situasi. Make-up ke pantai akan berbeda dengan make-up ke acara resmi. Untuk siang hari, gunakan make-up yang lebih tipis dibanding malam hari. 

Terlalu Sedikit Make-up atau Tanpa Make-up 

Sebagian perempuan tidak mengenakan make-up karena tidak yakin cara merias atau takut riasan terlalu mencolok. Jika Anda tidak yakin, mulailah dengan warna-warna muda. Mulailah secara perlahan dan tambahkan produk secara bertahap. Misalnya memulai dengan alas bedak, tambahkan maskara, perona pipi atau lipstik. Jika tidak terbiasa mengenakan make-up, menggunakan banyak make-up untuk pertama kalinya mungkin terasa berlebihan untuk Anda. Kuncinya adalah belajar memulai sedikit daripada tidak sama sekali. 

Rias Keseluruhan 

Rias wajah secara keseluruhan harus tampak alamiah. Hindari warna tabrakan. Kulit gelap dengan rambut gelap lebih baik menggunakan warna-warna yang lebih gelap. Warna-warna muda membuat Anda terkesan pucat. 

Untuk kulit putih dengan warna rambut yang lebih muda dibanding hitam, make-up warna muda tampak lebih baik untuk Anda. Warna gelap membuat Anda tampak lebih tua dan keras. Jika kulit Anda berminyak, pertama-tama gunakan dulu pelembab dan alas bedak yang mengendalikan minyak. Oleskan bedak tabur dan siapkan bedak padat untuk merapikan make-up

Warna Rambut 

Warna rambut harus harmonis dengan warna kulit. Jika rambut Anda berwarna gelap dan Anda ingin menambahkan warna, pilihlah pewarna rambut dengan warna yang sama. Jika warna rambut Anda muda, gunakanlah warna muda. Ketika usia bertambah, warna kulit menjadi lebih pudar, begitu juga warna rambut. Maka jika mewarnai rambut, pastikan untuk mewarnai ulang untuk menghindari akar rambut yang tampak beda. 

Rapikan Make-Up

Jaga make-up tampak segar sepanjang hari dengan merapikannya secara teratur. Jangan sampai make-up pudar atau mengerak.