10 Cara Mudah Merawat Kuku Menjadi Sehat




Cara Merawat Kuku Agar Sehat dan Cantik | Membuat Kuku Kuat dan Mempesona

Rumahayu.Com - Kuku Anda rapuh, mudah patah, terbelah atau kering? Mungkin bagi sebagian kaum hawa pernah merasakan hal ini. Penyebabnya bisa dikarenakan karena faktor turunan sedang yang lainnya bisa jadi karena kesalahan dalam memperlakukan atau tidak memberikan perawatan yang tepat. Berikut langkah-langkah perawatan untuk merawat, mencegah dan memperbaiki kerusakan kuku kita.
  • Rendamlah Kuku dengan Minyak Zaitun
Jika kuku Anda rapuh dan tipis, rendamlah dalam extra virgin olive oil 10-15 menit sehari selama sebulan. Sesudah itu 2 kali seminggu. Perawatan di rumah yang relatif murah ini dapat membantu menguatkan kuku rapuh, memperbaiki kuku yang mengelupas atau kuku rusak.

  • Oleskanlah Krim Kutikula
Krim kutikula yang mengandung vitamin E membantu memberikan nutrisi pada kutikula kering dan kuku rapuh maupun rusak. Pijatkan krim kedalam dan disekitar kuku setiap malam sebelum tidur.

  • Kenakanlah Sarung Tangan
Kenakanlah sarung tangan saat cuci piring, cuci baju dan berkebun. Deterjen dan pembersih keras untuk kuku bisa menyebabkan kuku kering, terbelah dan mengelupas. Tanah dan berkebun juga bisa menyebabkan kerusakan pada kuku.
  • Gunakanlah Produk Perawatan yang Baik
Pilih produk perawatan kuku yang mengandung mineral, protein dan antioksidan untuk membantu mengatasi kuku kering, terbelah maupun rusak. Mengoleskan selapis cat kuku bening juga dapat membantu melindungi kuku.
  • Konsumsilah Makanan Kaya Biotin
Pastikan untuk mendapatkan makanan kaya biotin seperti, telur matang, padi-padian utuh, kembang kol, avokad. Biotin dapat membantu menguatkan dan menebalkan kuku disamping khasiat yang lain. Jika perlu biotin juga bisa didapatkan dalam bentuk suplemen. Seperti biasa sebelum mendapatkan suplemen apapun, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter Anda.
  • Gunakan Kuku dengan Baik
Kuku tidak diciptakan sebagai alat pembuka kaleng soda, memutar sekrup ataupun tugas berat lainnya. Gunakan pembuka kaleng atau benda lain untuk mengerjakan tugas sehari-hari.
  • Dapatkan Multivitamin Setiap Hari
Vitamin sangat penting untuk vitalitas tubuh dan berkhasiat untuk kuku juga. Kekurangan vitamin A, C dan Kalsium dapat menyebabkan kuku rapuh dan kering. Pastikan untuk mendapatkan suplemen multivitamin dan kalsium setiap hari. Selain itu, pastikan untuk mengkonsumsi makanan diet yang kaya protein dan kalsium.
  • Hindari Pembersih Kuku
Jika memungkinkan, jangan gunakan pembersih kuku lebih dari sekali atau dua kali sebulan. Jangan menggunakan pembersih cat kuku yang mengandung acetone karena dapat mengeringkan dan merusak kuku.
  • Pijat Kuku
Memijat kuku menstimulir aliran darah ke kuku, membantu kuku tumbuh kuat dan lebih panjang. Gunakanlah lotion pelembab, pijat tangan, katikula dan kuku. Biasakan untuk mengoleskan lotion tangan segera sesudah cuci tangan.
  • Minum Banyak Air
Air baik untuk kesehatan secara keseluruhan dan baik pula untuk kuku. Minum air dapat membantu mencegah kuku kering dan rusak.

Demikianlah informasi tips merawat kuku agar sehat, kuat dan mempesona.