Cara Ampuh Melindungi Rumah dari Lalat




Rumahayu.com - Dewasa ini, banyak tempat-tempat kotor yang menumpuk dipinggir jalan. Padahal tempat yang kotor tersebut sangat disukai bermacam-macam kuman dan binatang yang membawa bibit penyakit, salah satunya lalat. Lalat ini membawa bermacam-macam kuman seperti thypus, kolera, scarlatina, diphteria, bahkan telur cacing dan parasit usus pun ikut dibawa binatang yang satu ini.

Lalat yang mungkin tampaknya kecil dan tidak berarti untuk membawa bibit penyakit menurut anggapan sebagian orang, malahan menjadi ancaman dan menjadikan hewan ini lebih berbahaya. Sebagai contoh, dalam sebuah penelitian delapan ekor lalat yang diteliti oleh beberapa ilmuwan ternyata masing-masing membawa 750.000 kuman.

Cara yang terbaik untuk melindungi rumah anda dari gangguan lalat ialah dengan memasang tirai kawat pada tiap pintu dan jendela. Jagalah agar tirai kawat ini terpasang dengan baik dan benar, supaya lalat kecil tidak dapat menyelinap masuk melalui lubang kecil. Pintu yang bertirai kawat harus dapat dibuka keluar supaya lalat yang berada disekitar daerah tersebut terusir keluar bila pintu dibuka.

Lalat yang berada didalam rumah dapat ditangkap dengan beberapa cara. Alat pemukul manualpun bisa digunakan utnuk hasil yang terbaik. Disini rumahayu.com menggunakan cara sederhana dan cenderung ekonomis. Langkahnya adalah dengan membuat campuran sebagai berikut:
  • 3 sendok maka larutan formalin.
  • Sendok makan gula.
  • Setengah liter air.
Taruhlah sedikit campuran ini kedalam sebuah toples kecil. Tutupilah dengan secarik kertas plui atau kertas tambang piring kecil yang terbalik. Sesudah itu balikkanlah toples sehingga piring kecil dan kertas kembang berada dibawah. Kemudian letakkan sebatang korek api atau cungkil gigi dibawah tepi toples tersebut. Dengan demikian cairan akan merembes sedikit-sedikit disekeliling kertas kembang tersebut. Lalat akan tertarik pada toples itu dan ketika menghinggapinya akan langsung mati. Jagalah jangan sampai toles tersebut dihampiri anak-anak atau hewan peliharaan.

Untuk mencegah agar lalat tidak berkembang biak kembali adalah dengan memeriksa secara detil tempat disekeliling halaman rumah anda. Apakah ada sampah yang harus dibersihkan? Tutuplah semua tempat sampah dan semprotlah dengan obat pembasmi kuman. Jangan biarkan siapapun membuang sampah dihalaman rumah kita.