Cara Mudah Membangun Septik Tank



Rumahayu.Com Hidup bersih adalah langkah paling penting untuk mencegah penyakit. Masyarakat yang menjalankan pola hidup sehat akan menjadi kuat dan sehat. Akan tetapi bila prinsip-prinsip tentang pola hidup sehat ini diabaikan, kesehatan dan kekuatan masyarakat akan merosot mencapai titik nadir. 



Setiap keluarga diharuskan pula bertanggung jawab untuk melindungi diri sendiri terhadap penyakit yang berkembang. Peran serta kita sebagai anggota masyarakat yang menyadari pentingnya arti kesehatan sangat dibutuhkan untuk menjaga lingkungan sekitar menjadi tempat aman dan menyenangkan untuk dihuni. Salah satu dari sekian banyak aspek kebersihan adalah sarana untuk membuang bekas kotoran manusia.

Cara pembuangan kotoran yang terbaik adalah dengan membangun tanki septik atau septic tank. Membangun tanki seperti ini tidaklah terlalu sulit. Pertama-tama galilah sebuah lubang yang berbentuk persegi panjang. Alasilah dasar dan dindingnya dengan beton supaya tidak diresapi air. Lubang tersebut harus memiliki tiga bagian. Pada bagian atas harus tertutup rapat-rapat dan kuat untuk mencegah bau dan masuknya lalat. Yang terpenting juga air kotoran dari rumah bisa dialirkan ke tanki ini. 


Sementara kotoran mengalir perlahan-lahan melalui ketiga bagian lubang itu, bakteri yang berguna atau kuman yang berada dalam tanki bisa membuat perubahan kimiawi yang akhirnya dapat menghilangkan semua bahaya infeksi dan kontaminasi.

Dalam membina kesehatan keluarga, faktor kebersihan memiliki peran yang besar. Hidup bersih merupakan langkah penting untuk mencegah penyakit. Jamban atau tiolet yang merupakan rangkaian dari kesatuan dengan septik tank pun harus selalu dijaga kebersihannya. Tempat ini harus memiliki ventilasi yang cukup dan sesekali harus disiram air kaporit. Ventilasi yang dibangunpun sebaiknya diberi saringan agar lalat dan tikus tidak leluasa masuk dan keluar.

Demikian sekilas informasi tentang bagaimana cara membangun septik tank dan menjaga kebersihan jamban atau toilet. Semoga artikel ini memberikan manfaat bagi semua.