9 Cara Penting Menurunkan Berat Badan



Rumahayu.Com - Pantang dalam memilih makanan bukanlah merupakan suatu hal yang baru bagi kebanyakan orang yang memiliki berat badan berlebih. Mereka pastilah pernah mencobanya. Banyak hal yang menjadikan orang yang memiliki berat badan berlebih mambatasi makanan yang mereka konsumsi. Berikut ada 9 langkah menurunkan berat badan sederhana yang layak dicoba:

Batasi Banyaknya Makanan
Teruskan konsumsi makanan yang seimbang tapi kurangi segala makanan mewah yang Anda gemari. Makanan yang kita gemari biasanya mengandung banyak kalori dan kita bisa hidup sehat tanpa mengkonsumsinya. Jangan lupa untuk senantiasa mengkonsumsi kentang dan biji-bijian yang masih berkulit ari ke dalam menu makanan Anda. Jangan lupa pula untuk menghindari semua makanan yang mengandung lemak seperti es krim, kue-kue mewah dan segala jenis gula-gula.

Berhati-hatilah Dengan Sisa Makanan
Banyak ibu secara tidak langsung menambah berat badan mereka sebab mereka menyayangkan sisa makanan yang akan dibuang. Jauh lebih baik untuk mengurangi makanan yang disediakan dan menghindari ‘makanan sisa”.

Hentikan Makan Diantara Waktu Malam
Latihlah diri Anda untuk meniadakan makanan yang tidak perlu. Lambat-laun Anda akan menikmati cara hidup dengan makanan yang dikurangi dan Anda akhirnya akan merasa heran melihat betapa sehat perasaan badan Anda.

Gerak Badan Yang Teratur
Gerakanlah badan Anda setiap hari. Ini akan menolong mengurangi kalori yang berlebih. Gerakan badan yang terbaik adalah berjalan kaki. Menggerak-gerakkan otot tungkai pada kaki akan menolong membakar lebih banyak kalori yang tidak diperlukan.

Hindari Makanan Mewah
Segala makanan yang mengandung gula berlebih akan menimbulkan banyak kalori akan tetapi kurang dalam nilai makanan. Kebiasaan yang terbaik adalah meninggalkan meja makan sementara Anda masih lapar.

Makan Dengan Teratur
Ingatlah, makan dengan teratur sangat penting sekali. Makanan harus dikurangi sedikit, diatur dengan rapi dan ditata semenarik mungkin di meja makan. Tidak ada alasan untuk tidak menikmati hidangan makanan yang disediakan meskipun makanan yang disajikan takarannya dikurangi dari biasanya. Lambat laun Anda akan belajar memakan makanan yang dikurangi takarannya dan lebih menikmatinya.

Jangan Tahan Lapar Lama-Lama
Makan dengan teratur tapi dengan ukuran yang prosporsional adalah jalan yang terbaik untuk mengurangi berat badan.

Jangan Lupa Sarapan
Hal ini akan menolong Anda dalam pekerjaan sepanjang hari dan Anda akan terhindar dari percobaan untuk memakan gula-gula dan jajan diantara waktu malam.

Makanlah Lebih Banyak Sayuran
Makanan yang dianjurkan untuk lebih banyak dikonsumsi pada orang yang memiliki berat badan berlebih diantaranya adalah slada, sayur-sayuran hijau, tomat dan wortel. Semua sayur tersebut memiliki sedikit kalori tetapi banyak vitamin dan mineral dan memiliki nilai makanan yang baik. 



Demikianlah 9 tips menarik yang dibutuhkan oleh orang yang menginginkan berat badannya berkurang. Semoga bermanfaat.