4 Fakta Penting Hamil Anggur




Rumahayu.Com - Proses kehamilan merupakan masa yang ditunggu oleh wanita yang sudah melewati jenjang pernikahan. Perasaan bahagia dari seorang calon ibu yang sedang hamil kerap mewanai perasaan tiap wanita yang menginginkan hadirnya si buah hati yang kelak akan mengisi ruang dalam keluarga dan menemani rangkai waktu ayah dan ibu dalam menjalani hari.

Tapi alangkah bahayanya bila hamil yang ditunggu-tunggu tidak sesuai dengan yang diperkirakan dan diharapkan tapi malah kehamilan yang ditunggu-tunggu tersebut disertai juga dengan penyakit yang biasa dikenal dengan sebutan hamil anggur. 

Apa yang dimaksud dengan Hamil Anggur dan Bagaimanakah Efek bagi Wanita yang Mengidapnya?

Seperti yang dikutip dari akuhamil.com, hamil anggur (Latin: MOLA HYDATIDOSA) merupakan suatu prosesi kehamilan, tetapi prosesnya ada yang tidak sesuai. Disini sel telur tidak bertumbuh menjadi seorang manusia tetapi membelah diri seperti tumor jinak yang bentuknya seperti anggur. Karena liar dan cepat, maka rahim wanita yang mengidap hamil anggur ini akan lebih cepat membesar dibandingkan bila hamil normal; dan akan timbul perdarahan melalui jalan lahir (biasanya dalam 2-3 bulan kehamilan sudah terjadi perdarahan)

Apa Saja Penyebab dan Ciri-ciri Hamil Anggur?

Penyebab Hamil Anggur

Sebelum membahas ciri-ciri dari hamil anggur alangkah baiknya kita juga mengetahui apa saja penyebab hamil anggur ini. Dalam banyak kasus, hamil anggur disebabkan oleh ovum atau kualitas sperma kurang baik, janin yang meninggal didalam rahim, kurangnya vitamin A pada ibu hamil, ibu hamil yang menderita darah tinggi, ibu hamil maupun suami yang kurang asupan gizi serta kurangnya protein dan asam folat pada ibu hamil.


Untuk mengatasinya, yang biasanya dilakukan oleh dokter adalah melakukan kuret pada ibu hamil dan terus memonitor sang ibu yang sudah di kuret karena jika tidak dimonitor, si “anggur” bisa berkembang dengan cepat dan ganas. 

Ciri-Ciri Hamil Anggur 
  • Saat di vonis hamil, ada pendarahan yang mengakibatkan kurang darah 
  • Sering mual dan muntah 
  • Membesarnya perut tapi tidak ada gerakan seperti hamil normal 
  • Saat di USG tidak ada kelitan tulang janin 
  • HCG meningkat tinggi
  • Hamil 1 bulan tetapi terlihat seperti 3 bulan atau hamil 3 bulan terlihat seperti 5 bulan
Itulah 6 ciri-ciri hamil anggur. Jika anda mengalami hal seperti diatas sebaiknya anda langsung menghubungi dokter kandungan atau bidan terdekat jangan sampai terlambat karena jika terlambat bisa berakibat fatal. 

Ada baiknya jika mengalami ciri-ciri hamil anggur seperti diatas segeralah lakukan USG untuk memastikan apa yang ada didalam perut ibu, apakah itu bayi kembar atau hanya tumor yang diakibatkan hamil anggur.