Mengapa Wanita Mengalami Menstruasi?



Rumahayu.Com Informasi ini menyajikan tambahan pengetahuan bagi para wanita yang baru mengalami menstruasi atau dikenal dengan sebutan haid. Dari beberapa referensi yang didapat disebutkan bahwa menstruasi bulanan pada wanita dikontrol oleh susunan kelanjar. Tak seorangpun mengetahui sebenarnya kapan Menstruasi mulai dialami atau mengetahui dengan tepat bagaimana menstruasi itu diatur. Tapi secara umum telah diketahui bahwa bila seorang gadis telah mencapai bentuk tubuh dan umur tertentu, ia akan mulai datang bulan dan siklusnya biasanya setiap 28 hari, meskipun pengalaman antara wanita yang satu dengan wanita yang lain berbeda-beda. Datangnya mungkin tidak teratur pada mulanya, tapi hal ini tidak perlu dikhawatirkan.

Untuk permulaan masa menstruasi pada gadis muda biasanya berbeda-beda. Ada gadis yang mengalami masa menstruasi pada waktu mereka baru berumur 11 tahun, sedang yang lainnya malah mulai pada umur 15 tahun, tapi ternyata semuanya normal. Tidak ada alasan untuk terlalu mengkhawatirkan permulaan menstruasi yang berbeda-beda. Karena perbedaan ini mungkin disebabkan oleh faktor genetik atau keturunan.

Masa-masa menstruasi yang oleh sebagian besar orang dianggap berbarengan sebagai masa puber ini merupakan masa seorang gadis tumbuh dengan cepat. Dimana terkadang gadis yang sedang pesat tumbuh kembangnya tersebut mengalami perasaan malu karena dengan kondisinya tersebut ia berubah menjadi lebih tinggi dibanding teman lelaki yang sebaya dengan dia. Hal ini sebetulnya tidak perlu dikhawatirkan. Anak laki-laki akan segera menyusul dan menjadi lebih tinggi bila alat-alat kelenjar mereka mulai berkembang dan bekerja. Dan hal ini merupakan bagian normal dari proses pertumbuhan pada anak-anak muda yang mengalami perkembangan pubertas.

Dalam hitungan tahun, gadis muda tersebut akan mengalami beberapa perubahan pada bentuk tubuh. Saat tubuhnya berubah bentuk, ciri dan karakter kewanitaannya pun mulai nampak dan muncul. Buah d*danya mulai berkembang dan rambut-rambut mulai tumbuh dibawah ketiak dan disekeliling kemaluan. Raut mukanya pun berubah menjadi raut muka wanita muda yang rupawan yang menjadikan dia amat menarik bagi lawan jenis.

Para perempuan muda yang baru pertama mengalami menstruasi harus bisa menyadari bahwa Menstruasi adalah prosesi biasa yang natural seperti halnya manusia bernafas. Menstruasi merupakan bagian yang normal dari proses reproduksi dan tentunya merupakan bagian yang normal dari proses pembiakan umat manusia yang diteruskan dari satu generasi ke generasi lainnya.