Panduan Membangun dan Mempercantik Rumah Minimalis



Desain Rumah Minimalis Tampak Muka 2 Lantai
Rumahayu.Com - Trend tentang rumah minimalis memang tidak ada habisnya untuk disimak dan dicari keberadaan informasi yang berkaitan dengannya. Mengapa model rumah minimalis ini sangat banyak dicari dan diminati adalah karena desainnya yang dibuat sedemikian minimal tapi tetap indah dipandang mata. Alasan lain adalah karena membuat rumah tipe ini sangat mudah dan hanya dengan biaya yang relatif tidak begitu mahal, Anda sudah dapat memberikan keluarga Anda dengan rumah berkonsep idaman dan impian terbaik. Dengan biaya yang tidak terlalu mahal Anda juga bisa membuat rumah minimalis 2 lantai dengan biaya yang sangat rendah dan dengan konsep modern.

Panduan Cara Membuat Rumah Minimalis

Untuk membuat rumah minimalis, ada bebarapa hal yang harus anda pahami yaitu dengan memperhatikan konsep pagar dan cat rumah. Anda juga harus memperhatikan tata letak dan jendela yang tidak boleh terlalu mencolok. Cat rumah minimalis yang lazim digunakan adalah cat rumah dengan warna abu-abu atau perpaduan hitam dengan abu-abu.

Desain Rumah Minimalis Tampak Muka

Menyewa jasa arsitektur juga merupakan salah satu syarat sebagai rujukan Anda untuk membuat rumah minimalis yang Anda kehendaki untuk nantinya dapat Anda rujuk informasinya mengenai pengembangan rumah yang Anda inginkan. Dengan memperhatikan 4 hal di bawah ini, Anda dapat membuat rumah minimalis yang sangat modern dan memiliki konsep unik. 


Ruang Keluarga Rumah Minimalis


Desain Ruang Keluarga dengan Tempat yang Minimal

Desain Ruang Tamu dengan Tangga

Desain Bathroom Rumah Minimalis
Berikut adalah 4 konsep yang harus dilakukan untuk mempercantik rumah minimalis yang baik untuk keluarga Anda.
  • Gunakan perpaduan cat yang menarik. 
Seperti yang telah diutarakan sebelumnya bahwa cat yang menarik digunakan untuk sebuah rumah minimalis adalah berwarna abu-abu atau hitam dan warna lain yang tidak terlalu mencolok.
  • Gunakan tipe pagar terbaru. 
Pagar terbaru difungsikan untuk mendapatkan tambahan tampilan yang menarik, pagar rumah minimalis ini sangat cocok untuk diterapkan dalam rumah yang memiliki konsep minimalis modern.
  • Gunakan Keramik Warna kelam atau jangan putih. 
Hindari menggunakan keramik berwarna putih, gunakanlah keramik berwarna kelam.
  • Tambahkan hiasan kaca dan tanaman kecil. 
Gunakan kaca dan hiasan tanaman untuk menambah kesan minimalis dalam mengembangkan rumah konsep minimalis terbaru.

Dari ke-4 konsep diatas, Anda bisa menerapkan semuanya dengan pendekatan yang menyeluruh sehingga Anda bisa memiliki rumah dengan konsep terbaik.

Perawatan Cantik Rumah Minimalis

Sebagai penghuni yang baik, tentunya ketika Anda menghuni rumah yang bagus seeprti rumah minimalis Anda tidak ingin rumah anda terlihat berantakan bukan? Untuk itu, dalam artikel ini disajikan pulat tips menata rumah minimalis yang tentunya akan menghindarkan Anda dari kesalahan menata rumah baik interior maupun eksterior rumah minimalis Anda. 

Dalam menata rumah, apalagi rumah minimalis diperlukan beberapa metode yang dapat membuat rumah minimalis Anda terlihat semakin cantik dan indah.

Desain Teras Rumah Minimalis Tampak Belakang
Yang perlu diperhatikan adalah bentuk ruangan, ukuran ruangan dan juga tata pencahayaan ruangan. Kesalahan utama dalam menata rumah minimalis biasanya terjadi karena penghuni sembrono dalam meletakkan benda sehingga antara benda yang satu dengan benda yang lain tampak tak serasi dengan desain ruangan rumah.

Berikut kesalahan-kesalahan dasar dalam menata rumah minimalis:
  • Furniture yang tidak nyaman.
Coba pertimbangkan dahulu sebelum membeli furnitur mebel untuk rumah Anda. Perhatikan bentuk dan tata ruangan Anda. Belum tentu mebel yang bagus cocok untuk ruangan Anda.
  • Pemilihan cat ruangan. 
Cobalah untuk memilih warna ruangan yang membuat Anda dan keluarga semakin betah dan merasa nyaman dirumah.
  • Pernak-pernik ruangan. 
Jika Anda memiliki ruangan yang luas, Anda bisa memaksimalkan tampilan dengan menambah pernak-pernik seperti hiasan dinding dan sebagainya.
  • Simpan furniture yang tidak perlu. 
Hal ini akan memaksimalkan tata ruangan dirumah Anda.
  • Perhatikan pencahayaan lampu pada ruangan di rumah minimalis Anda. 
Gunakanlah pencahayaan yang tidak terlalu terang.


Pembuatan Taman Sederhana di Rumah Minimalis

Taman Sederhana dibelakang Rumah Minimalis
Sebagai suatu kesatuan dari rumah, taman merupakan perlengkapan dan aset yang sangat berharga. Apabila rumah Anda memiliki ruang terbuka yang cukup, maka tidak ada salahnya jika Anda meluangkan waktu dan tenaga untuk membuat taman di rumah ruang terbuka tersebut. 

Taman yang dirawat dengan baik akan mampu memberikan suasana segar bagi penghuni rumah, dan tentunya membuat rumah lebih cantik dan betah untuk ditinggali. Namun sayang tidak semua rumah memiliki lahan yang luas, terutama mereka yang memiliki hunian berukuran kecil atau yang hidup di lingkungan perumahan. Tapi hendaknya hal ini tidak menjadi halangan bagi Anda untuk memulai membuat taman. 

Jika Anda memiliki lahan yang tidak terlalu luas, ada alternatif lain yakni anda bisa membuat taman minimalis. Seperti halnya taman pada umumnya, taman rumah minimalis mampu memberikan berbagai manfaat bagi penghuninya, baik itu memberikan keindahan ataupun kesegaran atmosfer yang diberikan. 

Taman dengan desain ukuran yang Minimalis
Pada dasarnya desain taman rumah minimalis sangat sederhana. Anda tidak perlu menanam terlalu banyak pohon besar, cukup dominasi taman dengan rumput segar diseluruh permukaan tanah. Anda bisa memilih rumput manila, rumput gajah, rumput jepang dan sebagainya asalkan mereka tumbuh subur dan rapi maka akan membuat taman Anda luas dan segar. Jika Anda ingin menambahkan beberapa tanaman lainnya Anda bisa menanam beberapa jenis pohon palem yang pendek saja untuk memperindang suasana.