Manfaat Penting Putih Telur untuk Kecantikan




Rumahayu.Com - Putih telur mengandung protein yang bermanfaat bagi kulit, terutama untuk kulit yang berminyak. Sementara untuk kulit kering dianjurkan menggunakan kuning telur karena mengandung lemak dan pelembab alami. Putih telur bersifat Astringent yang fungsinya membersihkan dan melembabkan kulit. Menggunakannya dengan cara dioles ke kulit. Tapi jangan lama-lama, cukup 15 menit saja. Putih telur bisa juga dicampur dengan perasan lemon. 

Hasilnya pada wajah memang tidak terlalu terlihat. Banyak yang rutin menggunakan putih telur, namun kulit wajahnya terlihat sama saja dengan sebelumnya. Karena putih telur berfungsi sebagai vitamin untuk kulit, kalau diperhatikan sebenarnya kulit pemakai masker putih telur jadi lebih halus dan sehat. Minyak atau lemak di wajah pun berkurang, namun dalam batas normal saja. Kalau lemak di wajah jumlahnya banyak, memakai putih telur setiap haripun tidak terlalu berpengaruh. Tetap saja akan berjerawat. Mengatasi banyaknya lemak diwajah yang menimbulkan jerawat, jangan hanya mengandalkan obat atau masker yang dioles. Sangat perlu untuk memperhatikan pola makan, pola tidur, istirahat dan faktor emosional.

Ketika menggunakan putih telur, usahakan hanya sekali pakai. Bila ada sisa, langsung dibuang. Hindari menyimpan sisanya dalam lemari pendingin. Kecuali jika putih telur tersebut disimpan dalam wadah yang sangat bersih atau steril dan sangat tertutup. Kalau kondisinya seperti ini, bolehlah digunakan untuk keesokan harinya.

Perlu diketahui, telur merupakan bahan makanan dengan perkembangan bakteri yang sangat cepat. Apalagi didalam lemari es tersebut juga di simpan bahan-bahan makanan lain yang saling tumpang tindih dan berpotensi menyimpan dan saling bertukar bakteri. Jadi hindari menggunakan masker putih telur yang sama untuk penggunaan berkali-kali. Kemudian pastikan juga tangan kita bersih dan steril saat mengoleskan putih telur ini pada wajah.

Kehati-hatian dan kebersihan dalam menggunakan putih telur ini ditekankan sebab telur yang sudah terkontaminasi bakteri akan amat mudah masuk ke kulit kita yang terbuka atau luka. Karena itu bila terdapat luka pada wajah, hindari menggunakan masker ini. Bahkan hindari menggunakan masker apapun saat ada luka pada wajah. Dikhawatirkan bahan-bahan berbahaya atau berpengaruh buruk bisa masuk ke kulit lewat luka tersebut. Bukannya mendapatkan kulit yang sehat, wajah menjadi jerawatan atau bisulan.

Menggunakan masker putih telur cukup seminggu sekali saja, dan gunakan malam hari. Awalnya bersihkan wajah dengan susu pembersih, lalu bersihkan dengan handuk hangat. Barulah aplikasikan masker putih telur. Jika sudah kering kira-kira 15 menit saja, bersihkan dengan air, kemudian dibersihkan lagi dengan sabun yang aman untuk wajah.

Sebagai peringatan, hati-hati kalau bisa hindari penggunaan pada kulit sensitif, kulit yang mudah merah atau gatal. Hindari juga menggunakan masker telur saat daya tahan tubuh sedang turun. (sumber:ummi-online.com)