10 Alasan untuk Berhenti Merokok



Rumahayu.Com - Telah banyak informasi yang beredar di masyarakat tentang bahaya menjadi perokok aktif ataupun lebih bahayanya menjadi perokok pasif. Disini rumahayu akan menambahkan tentang 10 dampak negatif lain dari rokok dan dampak buruk asap rokok dan zat-zat yang terkandung di dalamnya terhadap kesehatan tubuh manusia. Semoga bisa menjadi inspirasi bagi Anda yang ingin berhenti merokok. Berikut informasinya:

1. Merokok dapat membunuh Anda. Rokok yang Anda hisap mengandung karsinogen - zat yang berbahaya dapat meningkatkan risiko terkena kanker. 

2. Merokok membuat Anda menjadi pembunuh. Menjadi orang yang terpapar asap rokok (perokok pasif) lebih berbahaya dibandingkan orang yang merokok karena perokok pasif menghirup produk sampingan dari asap  terakhir yang mengandung zat yang lebih berbahaya. 

3. Asap tembakau dianggap sebagai salah satu zat yang paling beracun di samping penyakit asbestos. Penelitian menunjukkan bahwa ada lebih dari 3.000 kematian akibat kanker paru-paru akibat menghirup asap tembakau di Amerika Serikat saja. 

4. Merokok dapat menempatkan anak-anak Anda dan orang yang Anda cintai dalam bahaya. Seorang perokok, yang juga merupakan pencari nafkah keluarga, mengambil risiko menyakiti diri sendiri atau keluarganya jika sesuatu terjadi padanya akibat menjadi perokok aktif. 

5. Tembakau adalah yang paling adiktif dari semua obat. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa tembakau adalah 100% adiktif, sedangkan kokain menempati posisi kedua yaitu 97%, Valium 87%, alkohol 82%, kafein 72%, dan ganja 30%. 

6. Tembakau menyebabkan lebih banyak kematian daripada obat lain. Beberapa penelitian menunjukkan 450.000 kasus kematian ternyata berhubungan dengan tembakau. 

7. Merokok dapat menempatkan Anda dalam kesulitan. Menjadi pecandu rokok dapat menempatkan Anda dalam kesulitan karena dibeberapa negara tertentu berlaku larangan dan denda ketika ada orang yang merokok sembarangan. 

8. Banyak uang yang dihabiskan pada benda yang mematikan ini. Jika Anda merokok satu bungkus rokok sehari dengan harga Rp 12.000, Anda akan dapat menyimpan Rp 4.320.000 dalam setahun; Rp 21.600.000 dalam 5 tahun dan Rp 43.200.000 kerugian dalam 10 tahun. 

9. Merokok dapat mengurangi rasa makanan. Asap yang Anda hasilkan dari rokok bisa lambat laun bisa berefek pada indra pengecap di mulut dan menghalangi lidah Anda dari mencicipi 'melimpahnya rasa' makanan yang Anda konsumsi. 

10. Rokok membuat Anda bau. Perokok memiliki bau badan yang berbeda yang disebabkan paparan dari sistem tubuh mereka yang didapat dari bahan kimia berbahaya yang ada di rokok.

Demikianlah sepuluh informasi tentang dampak negatif ketika Anda 'berteman' dengan rokok. Mudah-mudahan informasi diatas bermanfaat bagi Anda yang membutuhkan motivasi untuk berhenti merokok.