6 Tips Jitu Pengantar Tidur Nyaman




Rumahayu.Com - Dewasa ini bagi kebanyakan orang yang memiliki segudang aktifitas dan ragam kesibukan dalam hidup akhirnya cenderung menghadapi stres yang berdampak langsung pada perilaku tidur mereka. Banyak yang tidak bisa mendapatkan kualitas tidur yang baik yang pada gilirannya berpengaruh pada kesehatan dan kualitas pekerjaan mereka. Tentu saja mudah untuk tidur dengan mengkonsumsi pil tidur yang bisa dengan mudah didapatkan di apotek atau di internet. Tapi kenapa Anda harus melakukan hal tersebut jika Anda bisa mendapatkan kualitas tidur yang baik dengan mengikuti beberapa langkah sederhana sebagai berikut: 

Tips Pertama: Hindari Minuman yang Mengandung Kafein di Malam Hari 

Coba dan menghindari minuman yang mengandung kafein seperti kopi, teh, kakao dan cola saat beranjak malam. Kandungan kafein dalam darah tidak akan mengizinkan Anda tidur lebih awal sehingga mengakibatkan Anda membolak-balikkan diri ditempat tidur selama berjam-jam lebih lama. Demikian pula jika Anda mengkonsumsi alkohol. Alkohol membuat Anda merasa mengantuk, tetapi akan berdampak tidak baik untuk kualitas tidur Anda. 

Tips Kedua: Makan dengan Benar Sebelum Tidur 

Makanan ringan atau ngemil sebelum beranjak tidur itu tidak masalah, tapi jangan berlebihan. Overstuffing perut Anda akan membuat Anda merasa lelah tetapi tubuh Anda akan tetap terjaga setengah malam untuk mencerna makanan. Segelas susu panas atau mengkonsumsi minuman malt sejenis akan membuat santai otak Anda. 

Tips Ketiga: Tidur dalam Posisi yang Tepat 

Posisi Anda tidur cukup berperan untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik. Cara terbaik adalah untuk mengadopsi posisi garis tengah. Dalam posisi ini kepala dan leher disimpan sejajar. Jika Anda tidur telentang, simpanlah bantal dibawah untuk mendukung lutut Anda. Jika Anda tidur menyamping jagalah bantal diantara lutut Anda. 

Atau bisa juga dengan posisi miring menghadap ke kanan. Pada saat kita tidur dalam posisi ini jantung hanya akan terbebani oleh paru-paru kiri yang berukuran kecil. Selain itu tidur dengan cara ini akan menempatkan hati pada posisi yang stabil. Posisi ini juga sangat baik bagi pencernaan, penelitian menunjukkan saat kita tidur dengan menyamping ke kanan, makanan akan mampu dicerna oleh usus dalam 2,5 sampai 4,5 jam. Sedangkan dalam posisi tidur yang lain makanan baru akan selesai dicerna setelah 5 sampai 8 jam.

Tips Keempat: Menjaga Rutinitas Tidur 

Menjaga rutinitas tidur akan memastikan bahwa otak Anda secara otomatis merekam waktu yang sama setiap malam. Jadi buatlah waktu yang rutin untuk tidur dan bangun pada kira-kira waktu yang sama setiap hari. Tidur yang berlebihan disiang hari kurang dianjurkan karena hal ini akan menghambat tidur malam Anda. Anda bisa mempertimbangkan untuk mengambil waktu pendek 15 menit tidur saat siang. Anda juga bisa mempertimbangkan beberapa rutinitas tidur seperti mandi cepat atau membaca buku sebelum tidur. Kebiasaan ini akan menyampaikan sinyal ke otak bahwa setelah kebiasaan itu selesai maka sudah waktunya untuk segera tidur. 

Tips Kelima: Relax sebelum Tidur 

Buatlah situasi tubuh Anda ke keadaan santai sebelum Anda tidur. Jangan melakukan aktivitas apapun yang dapat meningkatkan tingkat kecemasan Anda. Jika ada banyak hal yang terjadi dalam pikiran Anda, tulislah saja di selembar kertas. Hal ini akan membantu melepaskan kecemasan dan stres Anda. Cobalah untuk menghindari menonton TV, mendengarkan musik beraliran heavy atau membaca buku yang bisa membuat Anda merasa gugup. Cobalah untuk mendengarkan musik yang menenangkan dan cobalah untuk bersantai. 

Tips Keenam: Hak tidur dan kamar tidur 

Gunakan tempat tidur Anda sebagai tempat untuk tidur, bukan tempat untuk bekerja. Pastikan tempat tidur Anda benar dibuat dan tidak memiliki bahan kerja seperti pensil, kertas, buku dll tergeletak disekitar. Jika tempat tidur Anda tidak nyaman atau jika timbul suara-suara yang gaduh disekeliling tempat tidur Anda, maka saatnya untuk mendapatkan tempat tidur  atau bahkan lingkungan yang baru. 

Demikianlan 6 tips yang bisa menjadi pertimbangan saat Anda mengalami kesulitan tidur. Ikutilah tips sederhana diatas dan dapatkan tidur malam yang baik. Selamat Tidur...!:D