9 Cara Tepat Memilih Ranjang Bayi



Bagaimana Memilih Ranjang Bayi yang Tepat - Tempat tidur bayi merupakan bagian prioritas utama yang harus dipenuhi oleh Anda sebagai orang tua untuk menyambut kedatangan anggota baru didalam rumah Anda. Tempat tidur ini merupakan salah satu dari sarana yang penting sebagai bagian dari kelengkapan untuk bayi Anda karena dipan untuk bayi akan selalu digunakan sampai 20 jam sehari untuk bayi Anda yang baru lahir.

Dipan bayi juga bisa meringankan penjagaan Anda saat ingin meninggalkan bayi sendirian untuk pergi ke dapur atau ditempat lain dirumah Anda. Tapi disarankan untuk tidak meninggalkan bayi kecuali jika Anda sudah memastikan semua langkah-langkah keamanan, termasuk memilih ranjang yang tepat serta sudah berhati-hati memilihkan yang terbaik ketika Anda membelinya.

Dengan model dan ragam variasi yang berlimpah di pasaran, Anda bisa dengan mudah memilih salah satu dari model trendi dengan pilihan yang tepat dari warna dan gaya yang sesuai dengan karakter anak Anda. Apapun pilihan Anda, dipan bayi Anda harus memenuhi beberapa standar keamanan untuk memastikan keamanan bagi bayi Anda nantinya. Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan ketika membeli dipan bayi:
  • Belilah tempat tidur bayi yang sesuai dengan standar keselamatan  tempat tidur bayi. 
  • Jangan pernah mengabaikan untuk memeriksa rangka dipan, sisi dari dipan harus kurang dari 2 inci untuk menghindari lengan dan jari-jari anak terjepit. 
  • Ketinggian sisi dipan harus lebih dari 50 cm lebih tinggi dari kasur. 
  • Anda harus memeriksa setiap komponen dipan untuk memastikan kekokohan dipan tersebut. 
  • Tepi dan bagian tajam harus dihilangkan atau dirapihkan. 
  • Kasur harus sesuai dengan dipan dan jarak antar jari-jari dipan harus dihindari karena dikhawatirkan bayi akan terkunci dengan jarak jari-jari yang terlalu rapat.
  • Cat yang digunakan pada dipan harus child-friendly.
  • Jangan gunakan bantal sampai bayi Anda berumur kurang lebih 24 bulan atau kalau memang benar-benar diperlukan, gunakanlah bantal yang lunak dan lembut.
  • Ranjang bayi yang Anda beli akan menemani tumbuhnya bayi dan saat bayi sudah mulai bisa duduk. Untuk itu dasar dapan harus diturunkan lagi karena dikhawatirkan bayi akan jatuh ke bawah. Bila bayi sudah mulai mencoba untuk berdiri, singkirkan mainan yang letaknya berdekatan dan jangan menempatkan ranjang bayi dekat furniture atau perabot rumah tangga lain karena akan menjadi daya tarik bagi anak dan anak akan mencoba untuk keluar. 
Demikianlah beberapa tips yang bisa Anda gunakan untuk memilih tempat tidur/ dipan untuk beristirahat bagi buah hati Anda. Tentunya tak ada yang lebih menyenangkan daripada melihat buah hati Anda tumbuh dan berkembang dengan sarana dan perhatian yang tepat bukan?