Ragam Manfaat Tanaman Hias



Rumahayu.Com - Seperti yang pernah dibahas di artikel sebelumnya tentang Tanaman Ayu Penghias Halaman Rumah, beberapa manfaat dari tanaman hias adalah untuk menghiasi rumah yang kita huni karena memang tanaman ini dikenal karena keindahannya. Selain itu tanaman hias juga bisa menciptakan pemandangan yang indah dan asri. Dibalik keindahan tanaman hias ini masih banyak juga manfaat yang lainnya. Berikut beberapa manfaat dari tanaman hias populer yang bisa menjadi alternatif untuk ditanam dipekarangan atau halaman rumah Anda.

1. Anggrek

Sama seperti bunga yang lain, anggrek biasa menghiasi halaman rumah atau taman bunga. Anggrek juga sering dijadikan hiasan dalam pesta. Karena memiliki wangi yang khas, anggrek acapkali dijadikan campuran minyak wangi. Sari wangi bunga anggrek juga bisa dijadikan minyak rambut.

2. Mawar

Selain menjadi primadona diantara ragam tanaman hias, tanaman mawar juga bisa digunakan sebagai bahan makanan atau minuman. Selain itu, mawar juga bisa dijadikan tambahan ataupun zat aditif untuk makanan olahan. Hal ini karena kandungan vitamin C yang terdapat dalam mawar tidak kalah kandungan vitamin C-nya dibanding buah jeruk. 

Bagian mawar yang sering diambil manfaatnya adalah kelopak atau helai bunga mawar (petal). Bagian ini bisa diolah menjadi sirup atau selai. Bahkan kelopak atau helai bunga mawar ini menjadi unsur vitamin tambahan yang acapkali ditambahkan pada makanan olahan.

3. Melati

Tanaman hias yang satu ini tentunya sangat familier bagi kita semua. Selain bunganya yang mudah diperoleh karena bisa tumbuh subur dimanapun tanpa proses perawatan yang rumit, wangi bunga melatipun seringkali digunakan sebagai bahan pembuat parfum atau pengharum ruangan karena wanginya yang khas.

Melati juga bisa digunakan sebagai pewangi minuman teh dan bunga fisiknya sering dimanfaatkan sebagai hiasan pelengkap busana pada upacara adat atau semacamnya.

4. Lidah Buaya

Tanaman lidah buaya memiliki fungsi ganda yaitu sebagai tanaman hias sekaligus bisa juga difungsikan sebagai tanaman obat. Bagian tanaman dari lidah buaya yang memiliki manfaat paling penting adalah daun dan gel-nya. Gel dalam tanaman lidah buaya adalah bagian berlendir yang diperoleh dengan menyayat bagian dalam daun.

Mengkonsumsi tanaman ini bisa membantu memperlancar sistem pencernaan. Ini disebabkan karena senyawa kimia yang terkandung dalam tanaman lidah buaya bernama saponin yang diketahui bisa membunuh kuman.

Lidah buaya buaya juga segar untuk dijadikan campuran salad, tumisan, jus maupun manisan. Daun lidah buaya yang telah diolah menjadi berbagai produk makanan dan minuman dangat berpotensi untuk dikembangkan sebagai makanan dan minuman kesehatan.

Demikianlah 4 jenis tanaman hias yang bisa dijadikan sebagai tanaman penghias di taman atau pekarangan rumah Anda. Semoga bermanfaat..