9 Tips Penting Membangun Percaya Diri Anak




Rumahayu.Com - Salah satu pekerjaan yang paling penting dan menyenangkan sebagai orang tua adalah membangun kepercayaan pada anak-anak. Tapi terkadang kita merasa bahwa mendidik dan mengarahkan mereka adalah tugas pihak sekolah. Hal ini tidak sepenuhnya benar karena sebagai orang tua, kita juga dianjurkan untuk membentuk kepribadian dan mental mereka. Anak-anak kita merupakan calon-calon bunga kehidupan terindah yang harus selalu dijaga dan diawasi perkembangannya. Jangan sampai anak-anak kita menjadi bunga yang layu sebelum mekar dengan sempurna yang disebabkan kelalaian kita sebagai orang tua untuk membangun dan membentuk karakter positif.

Dibawah ini merupakan kumpulan ide atau tips yang coba rumahayu berikan untuk membantu Anda membangun rasa percaya diri pada anak-anak Anda:
  • Percaya dirilah dalam peran Anda sebagai pemimpin rumah tangga. Sang pencipta telah memberikan Anda peran sebagai pemimpin anak-anak Anda. Nikmatilah peran itu karena Tuhan pasti tahu bahwa Anda bisa. Dengan pertolongan-Nya, Anda pasti mampu untuk menangani semua pekerjaan yang menjadi tanggung jawab Anda termasuk dalam mendidik anak-anak Anda. Jadi anggaplah diri Anda sebagai mitra sang Pencipta dengan bertanggung jawab, dewasa dan percaya diri. 
  • Berdoalah setiap hari untuk anak-anak. Saat sebelum tidur merupakan waktu yang baik untuk berdoa dengan suara keras dengan anak-anak. Dengan mendengar Anda berdoa pada Tuhan untuk melindungi dan membimbing mereka, anak-anak Anda akan membantu memahami bahwa kepercayaan diri semuanya berujung pada sang Pencipta. Kata-kata yang meyakinkan dari prosesi doa tersebut akan menjadi kata-kata terakhir yang mereka dengar sebelum mereka tertidur. 
  • Bantulah anak-anak Anda untuk mengerti mengapa Tuhan bisa dipercaya. Ceritakanlah bahwa dari waktu ke waktu sang Pencipta telah menyediakan segalanya untuk keluarga Anda. Sehingga Anda dapat meyakinkan anak Anda dengan janji Tuhan bahwa Tuhan akan senantiasa mengharapkan hambanya untuk selalu dekat dengan berdoa. 
  • Jadikan pujian sebagai penyemangat anak-anak Anda. Buatlah pujian dengan pujian yang tulus. Berikut adalah beberapa frase pujian yang baik yang bisa Anda gunakan: “Kamu istimewa.” “Kamu melakukan pekerjaan besar.” “Saya sangat menghargai itu.” “Wow! Terima kasih karena mengatakan itu.” “Saya suka caramu melakukannya.” “Kau penting bagi saya.” “Kau mencerahkan hariku.” “Aku sangat mencintaimu.” 
  • Jangan pernah meremehkan setiap anak, apalagi di depan orang lain. Ini tidak berarti Anda tidak bisa menawarkan kritik konstruktif disaat yang tepat. Mengkritik perilaku pribadi mereka dengan kritikan yang membangun bisa menumbuhkan karakter yang positif. 
  • Tunjukanlah rasa sayang antara Anda dan pasangan Anda secara verbal dan fisik. Ketika anak-anak melihat orangtua mereka akur dan harmonis, tindakan tersebut akan mengirimkan pesan kepada anak-anak Anda bahwa keluarga yang dia huni merupakan keluarga yang aman. 
  • Berikan banyak pelukan dan ciuman pada anak-anak Anda. Ini bukan hanya untuk mengungkapkan cinta Anda secara verbal, namun sentuhan bisa berperan lebih jauh dalam membangun kepercayaan. 
  • Jangan membandingkan masing-masing kebiasaan dan perilaku anak Anda. Setiap anak adalah unik. Membandingkan sifat, bakat, atau perilaku dengan saudara lainnya hanya akan meningkatkan persaingan tidak sehat antar saudara dan mengikis keunikan dan rasa percaya diri yang mereka miliki. 
  • Biarkan setiap anak tahu bahwa ia adalah ciptaan sang Pencipta yang spesial. Ingatkan anak-anak Anda betapa uniknya mereka, betapa Dia mengasihi mereka dan betapa Anda mencintai mereka. Menjadi yakin dengan kebenaran ini akan membantu anak-anak Anda menjadi lebih percaya diri dalam setiap bidang kehidupan.
Demikianlah tips penting yang bisa dilakukan orang tua untuk membangun karakter anak yang penuh percaya diri. Semoga dengan tumbuhnya kemandirian dan kepercayaan diri yang positif pada diri anak-anak kita, mereka bisa menjadi manusia yang berguna bagi agama dan bangsanya.