5 Tips Memilih Parfum yang Harus Anda Ketahui




Tips Memilih Parfum dan Wewangan - Daya tarik kesegaran wewangian telah ada dalam masyarakat dari zaman dahulu kala yaitu dengan digunakannya wewangian yang bersumber dari tanaman, hewan dan dupa dalam upacara keagamaan selama berabad-abad. Setiap peradaban memiliki pandangan yang berbeda tentang wewangian. Wewangian dan parfum modern telah berkembang menjadi industri yang prospektif dan bisa menghasilkan profit yang sangat menguntungkan. Itulah mengapa banyak merek dan katagori parfum yang kemudian muncul dan menanti kita sebagai konsumen untuk memilih dan kemudian menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari.

Tapi sebelum menjadi pemakai produk parfum yang banyak ditawarkan di gerai-gerai toko atau mall, ada baiknya Anda mengenal pula dasar-dasar pengetahuan tentang parfum yang bisa menjadikan Anda sebagai konsumen yang cerdas dalam memilih parfum.

Ragam Jenis Parfum

  • Parfum, merupakan jenis yang paling mahal dengan daya tahan paling lama. 
  • Eau de Parfum, mengandung sedikit minyak dan mampu melekat lebih lama. 
  • Eau de Toilette, cocok untuk kantor dan lingkungan kerja. 
  • Eau de Cologne, aroma paling ekonomis dan paling kurang wanginya.

Katagori Wewangian Paling Populer
  • Segar, alami, hijau dan aroma bunga 
  • Fruity, jeruk dan pedas 
  • Musk dan feromon 
  • Oriental 
  • Aroma klasik hutan 
  • Aroma sporty

Cara Memilih Wewangian dan Parfum 


Banyak orang yang sering memilih wewangian sesuai dengan kepribadian dan chemistry tanpa mereka sendiri menyadarinya. Apa yang menarik bagi mereka sering mencerminkan diri pribadi mereka. Bau wewangian akan berbeda untuk setiap orang, jadi untuk hasil yang terbaik, janganlah menguji wangi parfum kepada orang lain.

Tips Menggunakan Parfum

Semprotkan parfum pada permukaan kulit luar Anda. Hindari menggunakannya dekat wajah Anda atau dibelakang telinga Anda. Tidak ada gunanya menggunakan dikedua tempat tersebut dan jika Anda memaksa menggunakan dikedua tempat tersebut, ini hanya akan mengeringkan kulit Anda. 


Supaya aroma lebih tahan lama, gunakan wewangian yang sama dalam setiap lapisan penggunaan karena banyak pula wewangian yang datang dari sabun mandi, gel, dan body lotion. Prioritaskan dengan parfum dari aroma yang sama untuk jangka panjang. Dengan penggunaan ini, parfum yang Anda pakai akan tahan enam sampai delapan jam.

Untuk menghindari noda dan perubahan warna, jangan semprotkan pada pakaian atau perhiasan. Biarkan aroma parfum kering sebelum Anda berpakaian. Jauhkan wewangian yang kuat ketika akan ke kantor atau tempat kerja, karena beberapa orang terkadang memiliki alergi terhadap parfum yang menyengat dan bisa membuat mereka tersiksa dengan bau menyengat parfum yang Anda pakai.

Tips Penyimpanan Parfum

Hindari suhu ekstrim saat menyimpan wewangian. Jagalah botol Anda tertutup rapat, tegak dan jauh dari sinar matahari langsung. Tapi Anda tidak perlu untuk menyimpannya dalam lemari es, namun tempat yang sejuk dan gelap bisa memperpanjang umur parfum Anda. Satu tips yang perlu diingat: Jangan menyediakan persediaan parfum Anda untuk hari istimewa. Seiring waktu, aroma dalam parfum tersebut akan berubah dan berkurang dan Anda tidak akan mendapatkan wewangian seperti apa yang semula Anda bayangkan.

Demikianlah beberapa tips seputar pemilihan dan penggunaan parfum. Semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi Anda yang membutuhkan Tips Memilih Wewangian atau Parfum.