Cara Mudah Hilangkan Bekas Jerawat



Cara Mudah Hilangkan Bekas Jerawat - Setelah di artikel sebelumnya Rumah Ayu mengupas tentang pengenalan jerawat dan cara menghilangkan jerawat mudah dan efektif, maka di artikel ini Rumah Ayu akan menyambungnya dengan tips menghilangkan bekas jerawat yang acapkali muncul ketika jerawat sudah sembuh. 



>> Apa itu Bekas Jerawat?

Seperti yang telah diketahui sebelumnya bahwa tanda-tanda awal pembentukan jerawat adalah karena adanya masalah yang terjadi pada pori-pori kulit berminyak yang diperparah dengan masuknya bakteri yang berasal dari polusi dan makanan bisa menjadi salah satu penyebab tumbuhnya jerawat.

Jerawat yang muncul dan tumbuh subur diarea wajah karena kulit wajah jauh lebih sensitif dibandingkan dengan kulit lainnya. Jerawat pun terbagi beberapa macam, yaitu jerawat batu, jerawat biasa, jerawat jagung dan komedo. Tapi apapun jenis jerawatnya, proses pembentukan jerawat pada dasarnya sama saja. Istilah medis untuk bekas jerawat adalah cicatrix.

Bekas jerawat merupakan luka yang berasal dari jerawat setelah Anda terkena jerawat. Bekas jerawat bisa berupa flek atau bopeng. Setelah menderita penyakit jerawat, Anda seakan-akan mendapatkan reward oleh jerawat berupa tanda bahwa jerawat pernah 'mendarat' di kulit mulus Anda. Lumayan menyebalkan memang jika harus terkena jerawat dan diberi reward bekas jerawat ini? 



Tahukah Anda bahwa bekas jerawat yang paling parah merupakan bekas yang disebabkan oleh jerawat yang sudah terlanjur parah juga. Cara terbaik untuk mencegah atau mengurangi resikonya adalah dengan melakukan perawatan secepatnya setelah melihat jerawat muncul. Kita harus mempunyai patokan bahwa mencegah lebih baik daripada harus mengobati.




>> Cara Mengobati dan Menghilangkan Bekas Jerawat

Cara menghilangkan bekas jerawat dengan cepat dapat dilakukan dengan berbagai perawatan. Perawatan atau treatmen tersebut ada yang membutuhkan beautician, bahan kimia, maupun bahan alami. Salah satu hal yang dapat Anda lakukan adalah menggunakan krim penghilang bekas jerawat yang mengandung Allantoin atau Tretinoin. Dua zat ini bisa mempengaruhi dan mempercepat proses pembentukan kulit ke keadaan semula. Beberapa zat lain yang dapat menghilangkan bekas jerawat dengan cepat adalah corticosteroid dan silicon gel. Produk-produk seperti ini tentu saja sangat cocok untuk menghilangkan bekas jerawat yang cukup ringan. Walaupun begitu, sebaiknya konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu sebelum menggunakan produk penghilang bekas jerawat yang mengandung zat-zat tersebut.

Selain ragam obat dan perawatan diatas, untuk bekas jerawat yang cukup ringan, Anda juga dapat melakukan chemical peel. Ada beberapa macam chemical peel dan tidak semuanya cocok untuk jenis kulit, sehingga sebaiknya konsultasikan dengan dokter kulit terlebih dahulu sebelum menggunakannya.

Jika bekas jerawat Anda tergolong parah dan dalam, ada baiknya Anda melakukan cara menghilangkan bekas jerawat dengan cepat yang melibatkan beautician atau dokter kulit. Salah satu prosedurnya adalah elliptical excision. Jika Anda menjalani proses ini, bekas jerawat akan terlihat samar dan lama-kelamaan akan hilang. Jika bekas jerawat Anda tidak rata, maka Anda dapat menjalani perawatan menggunakan sinar laser. Dengan perawatan ini, kulit wajah akan halus dan rata.

Tapi disamping obat kimia yang mudah didapat di apotik ataupun obat yang direkomendasikan oleh dokter, beberapa bahan alami yang ada disekitar kita juga memiliki manfaat khusus untuk menghilangkan noda hitam bekas jerawat. Meskipun saat ini banyak produk perawatan wajah yang menjanjikan hasil instan, Anda harus pandai-pandai memilih produk yang aman untuk digunakan atau memanfaatkan khasiat alam yang sudah terbukti ampuh serta tanpa menimbulkan efek samping.

Jangan sampai salah memilih merk obat karena kesehatan kulit wajah menjadi taruhannya. Tentu anda tidak mau mengalami masalah kecantikan dikemudian hari. Alih-alih mempunyai wajah bersih malah semakin parah dan tidak bisa diobati.

Berikut ini ada 3 bahan alami untuk membuat masker wajah yang berguna sebagai ramuan tradisional penghilang flek hitam bekas jerawat. Anda bisa memilih salah satu metode, sesuaikan dengan bahan yang mudah ditemukan disekitar Anda.




  • Masker buah tomat
Dengan kandungan vitamin A serta kolagen yang berlimpah, tomat berguna dalam proses pembentukan sel kulit baru sehingga noda bekas jerawat akan menghilang secara alami.

> Bersihkan tomat dengan air dingin
> Iris tipis-tipis
> Tempelkan pada bagian muka yang terdapat noda bekas jerawat
> Tunggu 30 menit sampai 1 jam, kemudian bilas dengan air dingin
> Lakukan cara ini dengan rutin minimal 1 hari sekali jika anda menginginkan hasil cepat. Jangan lupa membersihkan wajah anda sebelum menempelkan irisan tomat dan pilih buah tomat yang segar / tidak lembek.

  • Masker buah pepaya
Kandungan enzim papain dalam pepaya sudah banyak digunakan oleh produk kecantikan ternama. Fungsi zat papain adalah mengurangi peradangan kulit akibat jerawat sehingga mempercepat proses penyembuahan dan pembentukan sel kulit baru.

> Kupas dan bersihkan buah pepaya
> Potong kecil-kecil dan haluskan dengan blender
> Tempelkan pada wajah secara merata
> Diamkan selama 20 – 30 menit, kemudian bersihkan dengan air bersih
  • Masker madu
Madu merupakan bahan alami yang memiliki khasiat berlimpah untuk kecantikan, salah satunya adalah memudarkan noda hitam bekas jerawat dengan cepat. Dengan masker ini, flek hitam akan tersamarkan secara alami dan kerusakan kulit akan berkurang berkat kandungan vitamin yang berlimpah.
> Siapkan madu dalam sendok makan
> Panaskan sampai mencair kemudian tunggu sampai tidak terlalu panas saat disentuh
> Oleskan pada daerah kulit yang pernah berjerawat
Demikian sekelumit penjelasan tentang cara menghilangkan bekas jerawat disertai dengan penjelasan untuk cara menyembuhkan bekas jerawat. Mudah-mudahan penjelasan diatas berguna bagi Anda yang tengah membutuhkan informasi tentang bagaimana menyamarkan atau menghilangkan bekas jerawat dan cara apa yang bisa dipakai untuk menghilangkan bekas jerawat tersebut.


Artikel Rumahayu.Com Lainnya :

Scroll to top