Cara Mudah Hilangkan Jerawat

Serba-Serbi Jerawat - Jerawat merupakan penyakit kulit yang berdasarkan penelitian terjadi akibat peradangan pada pori-pori kulit. Peradangan ini disebabkan adanya kotoran yang menyumbat saluran minyak dan kemudian mengundang bakteri yang menyebabkan infeksi. 

Bentuk jerawat pada umumnya seperti bisul kecil yang ukurannya bisa sangat berbeda-beda antara satu orang dengan orang lainnya. Jerawat tentu saja sangat mengganggu penampilan seseorang, apalagi jika jerawat tersebut masih baru pastinya akan terasa perih.


>> Apa itu Jerawat?

Dalam bahasa Inggris Jerawat disebut juga dengan istilah Acne Vulgaristetapi tapi lebih populer disebut Acne saja. Definisi dari wikipedia menyebutkan bahwa Acne atau Jerawat adalah kondisi kulit yang abnormal dikarenakan gangguan produksi dari kelenjar minyak (sebaceous gland) yang berlebihan.

Kelebihan minyak pada kulit wajah atau singkat saja kita sebut wajah berminyak akan menyebabkan kurangnya percaya diri saat tampil didepan umum karena wajah akan terlihat kusam dan mengkilap. Wajah berminyak juga akan menangkap udara disekitar dan mengendapkan debu dan polusi di wajah. Akibatnya pori wajah tertutup dan timbulah jerawat. Wajah berminyak dapat di sebabkan oleh beberapa faktor seperti berikut:

  • Makanan yang Berlemak
Makanan yang mengandung banyak lemak tidak baik dikonsumsi oleh manusia karena akan adanya penimbunan lemak dan menimbulkan penyakit. Masalah minyak berlebih adalah masalah ringan yang ditimbulkan akibat mengkonsumsi makanan berlemak lebih. 
  • Hormon tidak Seimbang
Minyak berlebih pada wajah merupakan salah satu tanda seseorang sudah mulai memasuki masa puberitas. Seorang remaja harus beradaptasi dengan hal-hal baru yang terjadi pada dirinya. Pada orang dewasa khususnya wanita, mereka akan memproduksi banyak minyak saat haid. Maka untuk itu kegiatan yang dilakukan sebaiknya dikontrol dengan baik. Asupan makanan yang seimbang dengan kegiatan yang dilakukan akan mengurangi jumlah minyak yang keluar dari tubuh Anda. 
  • Salah Pilih Kosmetik
Sebagian besar gadis yang menginjak remaja sudah mulai berani memakai peralatan kosmetik untuk menunjang penampilannya. Dan itu tidak dipermasalahkan. Tapi ada baiknya bagi remaja untuk tidak memakai alat-alat kosmetik yang terbuat dari bahan kimia. Hal itu dapat memproduksi minyak berlebih, iritasi dan membuat wajah lebih sensitif apabila wajah tidak bisa menerima bahan-bahan kimia tersebut. Lakukan percobaan pada bagian tangan sebelum memutuskan memakai salah satu merek kosmetik.

>> Proses Pembentukan Jerawat

Kelebihan produksi kelenjar minyak ini (sebaceous gland) akan menyebabkan penyumbatan pada saluran folikel rambut dan pada pori-pori kulit. Seringkali jerawat akan menyebabkan peradangan pada kulit sehingga kulit membengkak dan menjadi kemerah-merahan. Peradangan pada kulit ini disebabkan oleh berlebihnya produksi kelenjar minyak kulit atau sebum yang kemudian menyumbat saluran kelenjar dan membentuk komedo (whiteheads) dan seborhoea.

Jika penyumbatan yang disebabkan oleh kelenjar minyak kulit ini semakin membesar maka komedo akan terbuka (blackheads) dan kemudian sering kali berinteraksi atau terkena bakteri jerawat. Jika Anda menemukan jerawat dengan nanah biasanya bisa dipastikan jerawat tersebut telah terinfeksi dengan bakteri.

>> Siapa Saja Penderita Jerawat?

Banyak orang yang menderita karena jerawat, apalagi wanita, ada yang sampai tidak berani keluar rumah karena di wajahnya timbul jerawat. Ini bukan pemberitaan yang berlebihan, namun memang begitu adanya wanita disekitar kita. 



>> Dimana dan Kapan Jerawat Muncul?

Jerawat sering kali muncul dibagian bagian tertentu tubuh kita, yang paling mudah terkena jerawat biasanya adalah bagian muka, dada, bagian atas lengan kita serta punggung. Kemunculan jerawat bisanya dimulai atau terjadi ketika masa masa pubertas atau mulai menginjak dewasa antara usia 14 sampai 19 tahun. Hal ini disebabkan oleh terjadinya perubahan hormonal pada remaja yang menginjak dewasa.

>> Efek Jerawat bagi Remaja

Munculnya efek psikologis bagi seseorang terutama remaja yang berjerawat adalah fakta bahwa dengan adanya jerawat wajah menjadi tidak lagi mulus dan cantik. Bahkan tidak jarang jerawat akan meninggalkan bekas yang tidak bisa hilang seumur hidup. Efek paling berpengaruh dari bekas jerawat atau timbulnya jerawat ini adalah efek kejiwaan seperti seseorang yang tadinya tidak berjerawat ketika mengalami pertama kali ia menjadi susah dan depresi. Kepercayaan diri pun menjadi berkurang karenanya.

>> Pantangan Makanan untuk Penderita Jerawat



Ada beberapa makanan yang menjadi pantangan bagi penderita jerawat. Ragam makanan tersebut adalah:
  • Seafood (udang, kerang, cumi, kepiting) kecuali ikan
Jenis makanan laut kaya akan yodium. Yodium atau makanan asin bisa memicu pertumbuhan jerawat. Jenis lain seafood yang memicu pertumbuhan jerawat adalah udang. Meskipun udang kaya akan vitamin dan nutrisi lain, sayangnya tidak baik untuk kulit.
  • Gorengan
Makanan yang digoreng dan mengandung banyak minyak, merupakan salah satu pemicu utama jerawat.
  • Sereal
Jenis makanan ini biasa dikonsumsi sebagai menu sarapan, disukai karena kepraktisannya, serta sehat dan bergizi tinggi. Tapi, sereal kaya akan lemak yang dapat menyebabkan jerawat.
  • Susu full cream
Menghindari atau setidaknya mengurangi konsumsi produk susu, karena mengandung antibiotik dan hormon yang memicu jerawat.
  • Makanan beku
Makanan kaya lemak trans harus dihindari, karena menyebabkan jerawat. Makanan dan sayuran beku adalah makanan yang harus dihindari.
  • Donat
Anda mungkin penggamar makanan manis seperti donat. Harap diingat, makanan manis mengandung gula dan karbohidrat olahan tinggi. Makanan ini biasanya digoreng. Untuk mencegah jerawat, hindari makanan manis yang digoreng.
  • Makanan yang mengandung MSG
  • Junkfood
  • Mie instan
  • Mie ayam
  • Mie bakso
  • Permen coklat
  • Kacang tanah
  • Kacang mete
  • Kue-kue manis
  • Makanan berkarbohidrat tinggi
  • Nasi goreng
  • Es krim
  • Santan kental
  • Makanan berlemak
  • Sambal goreng/ balado
>> Ragam dan Jenis Jerawat
  • Jerawat nasi
Jerawat nasi adalah jerawat yang ukurannya kecil dan sering disebut sebagai komedo. Komedo merupakan cikal bakal dari jerawat. Komedo banyak dijumpai didaerah hidung dan pipi karena daerah tersebut merupakan daerah yang mengandung minyak paling banyak. Seringkali juga jerawat kecil ini tumbuh di dahi. Pengidap jerawat ini pada umumnya adalah remaja yang malas dalam merawat kebersihan kulit wajahnya. Pada wanita, poni rambut yang kotor dapat memicu jerawat pada dahi. Umumnya jerawat ini tidak sakit namun sangat mengganggu penampilan.
  • Jerawat batu
Jerawat batu adalah jerawat yang ukurannya besar dan sangat lama sembuh. Jerawat ini sangat mengganggu karena jika sudah besar akan muncul nanah dipuncak jerawat. Jerawat batu ini muncul di kulit wajah dan dapat menyebabkan bopeng di wajah. Inilah yang paling ditakutkan semua orang, terutama wanita. Dampak setelah mendapatkan jerawat ini dapat mengurangi kepercayaan diri mereka. Banyak obat yang beredar di pasaran dengan berbagai mereka dagang yang bisa Anda beli. Obat tersebut diklaim dapat menyembuhkan jerawat. Namun resikonya jika tidak cocok justru akan membuat jerawat tambah parah saja.

>> Tips  Menghilangkan Jerawat Secara Mudah dan Efektif
  • Minum Cukup
Banyak orang yang mengatakan bahwa mereka tidak suka minum, meskipun mereka tahu manfaat air bagi kesehatan. Air merupakan pembersih alami yang membantu tubuh membuang racun dan sisa metabolisme tubuh. Minum cukup air akan membuat kulit terbebas dari racun dan sisa metabolisme yang bisa menyebabkan munculnya jerawat. 

Selain itu, sistem tubuh secara keseluruhan juga akan semakin baik dan lancar jika Anda minum cukup air. Minumlah air minimal 2 liter setiap harinya.
  • Zinc dan Sulfur
Zinc dan sulfur membantu melawan dan menurunkan jumlah bakteri jahat yang bisa menyebabkan jerawat. Tingkatkan asupan zinc dalam makanan Anda untuk mencegah dan menghilangkan jerawat. 

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan sabun yang mengandung sulfur untuk membantu menghilangkan jerawat.
  • Hentikan Memencet Jerawat dengan Tangan
Menggunakan tangan untuk memencet jerawat merupakan kesalahan terbesar banyak orang. Memencet jerawat dengan tangan justru bisa menyebarkan bakteri ke area di sekitar jerawat.

Selain itu, memencet jerawat juga akan menyebabkan kulit menjadi kemerahan dan memakan waktu lebih lama untuk proses penyembuhannya.
  • Masker Mentimun
Mentimun bisa digunakan sebagai masker untuk menghilangkan jerawat. Parutlah mentimun yang sudah dicuci bersih, kemudian gunakan sebagai masker pada wajah yang berjerawat.

Biarkan selama sekitar satu jam sebelum dibersihkan. Lakukan dua kali sehari, dan Anda akan melihat hasil yang luar biasa pada kulit Anda. (Dari berbagai sumber)

Artikel Rumahayu.Com Lainnya :

Scroll to top