8 Tips Pilihan untuk Memilih Cream Kecantikan




Tips Lengkap Memilih Cream Kecantikan - Perlu diingat bahwa warna kulit kita adalah yang terbaik bagi diri kita sendiri. Kita memiliki jumlah dan jenis melanin (zat warna kulit) yang berbeda-beda satu dengan lainnya. Jumlah dan jenis melanin itulah yang menjadi penentu warna kulit seseorang. Seperti yang telah jamak diketahui bahwa melanin merupakan pelindung kulit dari radiasi ultraviolet matahari dan juga ultraviolet lainnya seperti komputer, lampu neon dan lainnya.

Makin banyak sinar matahari disuatu tempat, maka semakin banyak pula jumlah Melanin dan makin gelap warnanya, dengan begitu warna kulit orang yang tinggal di daerah itu menjadi semakin gelap. Bagi orang Indonesia yang tinggal di daerah garis khatulistiwa mestinya bersyukur karena dikaruniai kulit kecokelatan. Kenapa begitu? Bukankah kulit putih lebih indah? Belum tentu. Kuli putih akan lebih sensitif terhadap sinar ultraviolet.

Jika Anda ingin tahu warna kulit asli Anda, maka lihatlah bagian lengan dalam dan payudara. Anda yang menginginkan memiliki warna kulit wajah lebih putih, cobalah Anda bandingkan warna kulit anda pada daerah itu. 

Apabila warna kulit bagian wajah lebih gelap dari warna kulit lengan dalam dan payudara maka Anda masih boleh berharap memiliki kulit wajah yang putih. Jika tidak, maka sebenarnya Anda perlu memusingkan warna kulit wajah Anda. Jika Anda memakai kosmetik pemutih kulit dan warnanya jadi lebih terang dari bagian itu, menurut dokter itu justru bisa berbahaya. Cukuplah memakai krim pemutih.

Berikut ini adalah jenis produk krim pemutih kulit beserta zat yang terkandung di dalamnya. Sebuah produk krim pemutih mengandung 2 atau 3 zat berikut. Ini penting untuk Anda ketahui.

Whitening

Namanya saja krim pemutih, maka pasti ia mengandung zat yang memutihkan kulit atau penghambat produksi Melanin. Ia disebut dengan sebuta whitening. Apakah zat ini aman? Dokter menyatakan bahwa zat whitening cukup aman abila kandungannya adalah licorice, bengkuang, vitamin C, niasinamid, asam kojic, mulberry, arbutin, dan green tea. Krim pemutih dengan kandungan ini memerlukan hasil sampai beberapa bulan.

Jika whitening mengandung hidrokinon maka cara penggunaannya harus dengan pengawasan dokter. Hidrokinon masih boleh digunakan asalkan konsentrasinya lebih dari 2% harus dengan indikasi yang jelas. Penggunaannya juga mesti diawasi secara ketat, dan waktu penggunaannya maksimal 1 sampai 2 tahun bukan seumur hidup. 

Sementara jika konsentrasi hidrokinon 2% atau kurang dari itu, maka dibolehkan beredar bebas. Meski begitu pemakaiannya harus dihentikan jika flek sudah hilang atau mulai pudar, atau jika Anda tidak mengalami perubahan. Jika digunakan dalam jangka panjang maka justru dapat menyebabkan flek hitam dalam kulit menjadi tidak bisa dihilangkan dan mengakibatkan iritasi berat. Inilah bahaya pemakaian krim pemutih yang tidak tepat yang perlu Anda ketahui.

Whitening tidak boleh beredar dan dilarang pemakaiannya jika ia mengandung merkuri. Merkuri biasa disebut pula dengan zat air raksa atau Hg. Merkuri merupakan jenis logam berat yang dapat mematikan pigmen melanin. 

Apa tanda atau ciri kosmetik yang mengandung merkuri? Tandanya adalah jika produk kosmetik mengandung hasil yang cepat. Misal, Anda baru memakai krim pemutih 1-2 minggu dan kulit anda berubah menjadi pucat atau putih yang tidak wajar. Ini disebabkan karena pigmen melanin dimatikan. Akibatnya kulit wajah anda justru putih bercahaya tapi putih seperti mayat.

Lightening

Krim pemutih biasanya juga mengandung lightening yang berfungsi mengupas kulit menjadi lebih tipis sehingga tampak lebih pucat. 

Lightening ini biasanya berupa AHA dan BHA yang meratakan pigmen melanin. Dokter Dewi Inong mengatakan produk kosmetik yang mengandung AHA kurang dari 8%, dan BHA kurang dari 2% dapat menyebabkan rasa yang panas di kulit, tapi ini masih relatif aman.

Sunblock/ Tabir Surya

Sebagian krim pemutih juga mengandung sunblock atau sunscreen atau biasa pula disebut tabir surya. Dari namanya saja sudah jelas bahwa zat tersebut berfungsi untuk melindungi kulit terhadap sinar UV atau ultraviolet. Sunblock adalah zat yang bisa memantulkan dan menyerap sinar ultraviolet.

Selain mempertimbangkan jenis produk krim pemutih kulit beserta zat yang terkandung di dalamnya, Anda juga harus mempertimbangkan 5 hal berikut ini:


Komposisi

Tips memilih cream pemutih wajah yang kedua adalah lihatlah komposisi yang ada dalam kemasan pemutih wajah tersebut. Cara ini paling cocok dilakukan jika Anda bermaksud membeli cream pemutih wajah di Apotek atau di toko kecantikan yang biasanya menjual aneka macam produk pemutih wajah.

Dari komposisi pemutih wajah Anda bisa tahu apakah cream tersebut berbahaya atau tidak. Salah satu bahan krim pemutih wajah yang berbahaya adalah jika mengandung Mercury. Ya, bahan tersebut memang sering digunakan sebagai campuran cream pemutih wajah. Namun, jika kadarnya tidak sesuai porsi, bahan kimia tersebut bisa membahayakan kesehatan wajah Anda.

Hati-hati beberapa produsen menyamarkan nama Mercury dengan nama latin yang tidak diketahui dengan maksud mengelabui konsumen. Sebaiknya tanyakan langsung ke customer service atau sales produk tersebut jika ragu.


Izin BPOM

Cara mengetahui cream pemutih wajah yang telah lolos sertifikasi BPOM cukup mudah, anda cukup masuk ke website BPOM kemudian masukkan kata kunci produk pemutih tersebut di kolom pencarian.


Jika cream tersebut telah lolos sertifikasi maka nama produk dan berbagai detail lainnya akan segera muncul di halaman web BPOM. Jika tidak muncul berarti produk tersebut masih dalam proses atau bahkan tidak lolos sertifikasi.

Lihat, Sentuh dan Rasakan Aromanya

Tips ketiga dalam memilih cream pemutih wajah adalah dengan berinteraksi langsung dengan cream tersebut. Perhatikan krim tersebut kemudian sentuh sedikit. Biasanya cream pemutih yang berbahaya akan menghadirkan rasa lengket jika Anda pegang. Krim tersebut juga mengeluarkan bau yang sangat wangi. Namun, wanginya lama kelamaan akan membuat Anda merasa eneg. Dari warnanya, warna krim pemutih tidak tercampur secara merata.

Jika Anda melihat ciri-ciri tersebut di dalam krim pemutih wajah yang akan Anda beli, lebih baik Anda mengurungkan niat untuk membelinya daripada kesehatan kulit wajah Anda yang jadi taruhannya.

Sesuaikan dengan Jenis Kulit

Setelah cream pemutih yang ingin Anda beli lolos dari tiga tips sebelumnya, maka sekarang perhatikan apakah cream tersebut cocok dengan kulit wajah anda atau tidak. Dalam beberapa kasus, cream pemutih sebetulnya baik dan sangat berkualitas, sayangnya krim tersebut tidak cocok dengan wajah saat digunakan, maka hasilnya wajah jadi berjerawat atau timbul masalah kulit lainnya.

Pastikan cream tersebut sudah cocok dengan wajah Anda supaya Anda aman dari gangguan seperti jerawat, komedo, dan lain sebagainya. Biasanya, jika Anda membeli krim pemutih di sebuah klinik kecantikan, maka Anda akan diperiksa dulu jenis kulitnya. Setelah itu, barulah Anda bisa membeli krim pemutih wajah tersebut. Jadi, krim pemutih tentunya berbeda untuk wajah kering, berminyak, dan berjerawat sehingga Anda harus tahu jenis kulit Anda baru membeli krim pemutih tersebut.

Harga

Banyak wanita yang tergiur dengan cream pemutih wajah yang menawarkan harga murah, apalagi jika krim tersebut dapat mencerahkan wajah dengan cepat. Namun, Anda harus berhati-hati, bisa saja krim pemutih wajah yang murah tersebut bisa membahayakan kesehatan Anda.

Sekali lagi, jangan tergiur dengan harga yang murah dan hasil yang cepat. Lebih baik Anda membeli krim yang harganya sedikit lebih mahal, tetapi kesehatan wajah Anda tetap terjaga. Anda pasti tidak mau mengorbankan kesehatan hanya demi kecantikan wajah semata kan?.
Referensi Utama: Majalah Umi