7 Rahasia Menjaga Kecantikan Kulit Wajah



Cara Perawatan Wajah - Kulit merupakan bagian tubuh yang memiliki fungsi cukup vital. Dari semua bagian kulit tubuh, kulit wajah merupakan bagian yang paling sering mendapat perhatian. Kulit wajah yang bersih dan terawat akan terlihat sehat dan lebih bercahaya.

Perawatan kulit wajah yang aman adalah perawatan yang memanfaatkan bahan alami dan tidak menimbulkan efek samping. Perawatan tersebut meliputi perawatan dari dalam dan perawatan dari luar yang keduanya saling menunjang dan melengkapi untuk mendapatkan kesehatan kulit yang optimal.


Berikut asupan nutrisi alami yang bisa Anda konsumsi untuk mendapatkan kulit wajah yang sehat dan bercahaya:

1. Mentimun

Mentimun berfungsi mengangkat sel kulit mati dan noda-noda pada wajah, membuat wajah terlihat cerah dan bersih alami. Untuk membuatnya Anda bisa menempelkan mentimun yang sudah di potong dan simpan diseluruh bagian wajah atau sediakan 1/2 mentimun, potong kecil-kecil, campurkan 1 sdm susu, dan 1 sdm yoghurt. Lalu blender semua bahan, dan hasil blender dapat langsung dioleskan pada wajah. Diamkan sekitar 20 menit.

2. Alpukat

Alpukat mengandung vitamin C dan E. Alpukat dapat mengangkat sel kulit mati, dan kotoran penyebab bahan kimia. Alpukat berguna memberi nutrisi pada kulit wajah dan juga menghaluskan wajah, dan meratakan warna kulit wajah. Caranya blender daging alpukat hingga halus lalu oleskan pada wajah dan diamkan selama 15-30 menit.

3. Bengkuang

Bengkuang berguna untuk memutihkan wajah dan perlahan menyamarkan noda hitam pada wajah, termasuk noda bekas jerawat. Cara membuatnya memang agak sedikit ribet yaitu sediakan beberapa bengkuang sesuai porsi ukuran wajah, lalu parut hingga halus dan saring hasil parutan tersebut, lalu diamkan sejenak air saringannya. Setelah terlihat endapan pada dasar air tersebut lalu buang air bengkuang dan sisakan endapannya untuk dijadikan masker wajah. Lalukan hal ini secara rutin untuk mendapatkan wajah maksimal.

4. Jeruk Nipis

Jeruk nipis mengandung vitamin C, senyawa antioksidan yang berguna untuk mengecilkan pori-pori pada wajah, menghaluskan kulit wajah dan mencerahkan. Untuk membuatnya, sediakan 1 jeruk nipis, dan belah 2 bagian, peras dan oleskan air perasan jeruk nipis pada wajah. Diamkan hingga 10-20 menit. Lalu bilas.

5. Apel

Apel berfungsi mengurangi produksi minyak berlebih di wajah, karena apel mengandung zat lastin dan kolagen. Cara membuatnya termasuk gampang, sediakan apel yang telah dicuci bersih lalu potong-potong hingga kecil dan blender tanpa dicampur air. Hasil blender apel dapat langsung dioleskan ke wajah yang telah dicuci bersih dan diamkan sekitar 20-30 menit.

6. Tomat

Tomat mempunyai kandungan zat anti oksidan yang berguna untuk mengurangi iritasi pada kulit wajah, mengurangi komedo dan juga dapat mencerahkan kulit wajah. Cara membuatnya, tumbuk tomat hingga halus dan campur dengan madu, lalu oleskan pada wajah dan diamkan sekitar 15-25 menit.

7. Pisang

Pisang berguna untuk membantu peremajaan kulit, dan membuat kulit kering menjadi lembab. Cara membuatnya, blender 1 pisang hingga halus, lalu hasil blender dapat dicampurkan madu, oleskan merata pada kulit wajah dan diamkan sekitar 30 menit.

Perawatan wajah dari dalam tubuh juga meliputi pemenuhan asupan nutrisi yang diperlukan dengan menjaga pola makan sehari-hari dengan mengkonsumsi makanan yang sehat dan alami. Sangat penting melakukan diet seimbang dengan menghindari makanan dan minuman instan, makanan dan minuman yang mengandung pengawet, pewarna, penyedap rasa, serta makanan yang belemak. Sebaliknya perlu diperbanyak mengkonsumsi makanan segar alami, sayuran dan buah organik. Dengan demikian, vitamin-vitamin yang sangat dibutuhkan untuk kesehatan kulit meliputi vitamin A, C, E dan B kompleks.

Ada pula beberapa treatment dan kebiasaan yang bisa Anda lakukan untuk menjaga wajah agar selalu terlihat cerah dan berseri. Berikut diantaranya:
  • Sebelum Anda menyentuh daerah wajah, sebaiknya biasakanlah untuk mencuci tangan terlebih dahulu dengan air bersih, agar wajah terbebas dari kuman dan bakteri.
  • Bersihkan wajah dengan air mengalir dan berikan pijatan pada wajah, untuk membantu memperlancar peredaran darah. Sebaiknya lakukan pembilasan dengan benar dan akhiri dengan pengeringan menggunakan handuk bersih dan lembut.
  • Biasakan untuk membersihkan wajah dengan pembersih dan penyegar yang cocok dengan jenis kulit Anda, setiap pagi dan malam atau setiap kali keluar dari rumah.
  • Biasakan untuk selalu memakai pelembab wajah setiap akan beraktifitas diluar rumah, agar kulit wajah tetap terjaga dan terbebas dari sinar ultraviolet (UV) yang dapat menyebabkan flek hitam.
  • Luangkan waktu sekitar 2-3 menit setiap malam untuk memijat kulit wajah setiap sebelum tidur. Hal ini dilakukan untuk menghilangkan letih pada wajah dan memberikan warna kulit agar tetap sehat dan cerah.
  • Biasakanlah menggunakan masker wajah minimal 2 kali dalam 1 minggu, agar kotoran yang menempel pada wajah akan terangkat dan wajah akan menjadi lebih bersih dan segar. Sebaiknya gunakanlah masker alami yang aman bagi kulit wajah.
  • Perbanyak mengkonsumsi air putih setiap hari minimal 8 gelar perhari, untuk menjaga kulit wajah terlihat lebih cerah dan segar.
  • Minumlah Vitamin E setiap hari untuk menjaga kesehatan kulit dari dalam.
  • Berolahragalah secara teratur agar kulit menjadi tetap kencang dan tubuh akan terbebas dari berbagai penyakit.