10 Cara Tepat Memilih Pelembab untuk Wajah



Cara Mudah Memilih Pelembab - Mengapa wanita menggunakan make up? Mungkin sebagian dari Anda bertanya-tanya mengapa seorang wanita menyukai make up. Selain untuk mempercantik penampilan, hal ini sesuai dengan fitrah wanita yang selalu ingin tampil menawan.

Mereka juga menggunakan make up karena mereka percaya bahwa make up akan mempercantik penampilannya. Namun bukan berarti mereka tidak menyukai penampilannya saat tidak menggunakan make up. Bahkan sebagian wanita mengatakan bahwa mereka tetap merasa cantik meskipun saat bangun tidur.

Pada saat Anda memutuskan untuk membeli dan menggunakan make up (disini kita akan membahas tentang produk kosmetik pelembab) pastinya Anda sangat mengharapkan bila produk itu dapat bekerja dengan aman dan optimal pada wajah Anda. Berikut 10 tips dari kami yang bisa Anda simak dan mudah-mudahan menjadi panduan rekomendasi Anda saat memutuskan untuk membeli pelembab.

1. Pastikan Pelembab Wajah Sudah Terdaftar di BPOM
Jika Anda sudah mengetahui bahwa pelembab wajah yang Anda beli terbuat dari bahan-bahan alami dan tidak mengandung bahan kimia maka langkah selanjutnya adalah melihat apakah pelembab wajah tersebut sudah terdaftar di BPOM. Apabila sudah terdaftar maka pelembab tersebut bisa dikategorikan aman untuk kulit wajah Anda dan direkomendasikan untuk dibeli.

2. Jangan Pilih Pelembab yang Diklaim Bebas Komedo (untuk kulit kering)
Terkadang ada produk pelembab yang labelnya berbacakan non-penyumbatan atau bebas berminyak, hal tersebut berarti zat ini dapat memecah kandungan minyak berlebih, jadi tidak akan memiliki peran pelembab sama sekali.

3. Pilih Pelembab yang Mengandung Sunscreen
Bahan yang wajib ada pada kandungan pelembab Anda adalah sunscreen. Sinar ultraviolet (UVA dan UVB) dari matahari dapat menyebabkan kerusakan kulit, hidrasi, keriput bahkan yang lebih parah kanker. Dengan hadirnya face lotion yang mengandung sunscreen maka akan ampuh mencegah penuaan dan membuat kulit Anda tetap sehat.

Dokter kulit merekomendasikan pelembab setidaknya mengandung SPF 15 untuk melindungi kulit Anda dari sinar matahari berlebih. Jika Anda adalah sosok wanita yang sering berada di bawah sinar matahari langsung dalam waktu yang lama, dokter kulit sangat menganjurkan untuk langsung menggunakan sunscreen setiap dua jam.

4. Pilih Produk Pelembab yang Mengandung Bahan yang Direkomendasikan
Tidak perlu pelembab mewah untuk mendapatkan kulit istimewa. Dengan membiasakan rutin menggunakan pelembab wajah dengan disiplin terutama bagi kulit kering sudah sangat membantu menghilangkan garis-garis halus pada wajah dan menghaluskan tekstur secara keseluruhan.

Vitamin dan antioksidan dapat menstimulasi produksinya kolagen untuk menjaga keelastisan wajah dan memperbaiki sel kulit dan ada juga vitamin A yang paling menjanjikan untuk menghilangkan kerutan sementara dan asam hidroksi sintetis yang ampuh mengangkat sel kulit mati.

5. Pilihlah Produk Pelembab yang Hipoalergenik
Tips dalam memilih pelembab yang baik berikutnya yaitu dengan memilih produk pelembab yang hipoalergenik. Hal ini dikarenakan ada beberapa jenis pelembab yang didalamnya terkandung bahan parfum maupun zat adiktif yang dosisnya cukup banyak dan bisa menyebabkan alergi dan juga ketergantungan. Oleh sebab itu, Anda jangan tidak boleh langsung tergoda dengan jenis pelembab yang memiliki aroma harum.

6. Tester Pelembab Terlebih Dahulu
Terdapat beberapa tempat yang menjual produk pelembab yang juga menyediakan tester. Anda tidak perlu malu dengan mencoba tester yang telah disediakan pada kulit tangan. Anda dapat merasakan apakah kulit Anda merasa nyaman dengan menggunakan tester pelembab yang telah disediakan.

7. Ketahui Dulu Jenis Kulit
Ketika akan membeli pelembab maka sebaiknya hal yang wajib Anda ketahui adalah jenis kulit Anda sendiri. Banyak orang yang asal membeli saja tanpa mengetahui apa jenis kulit mereka sehingga tak heran jika terkadang kebanyakan diantara mereka akhirnya mengeluh dan merasa tertipu dengan produk yang mereka beli. Padahal sebenarnya, mereka tidak tertipu akan tetapi karena diakibatkan oleh ketidaktahuaan dari mereka sendiri.

Pelembab memiliki macam-macam jenis, ada pelembab wajah khusus untuk wajah berminyak dan ada juga pelembab wajah yang khusus untuk wajah kering. Untuk itu Anda harus jeli untuk membedakannya. Itulah pentingnya mengapa kita harus mengetahui apa jenis kulit wajah kita sendiri agar nantinya kita tidak salah membeli pelembab wajah.

Apabila Anda merasa mempunyai kulit wajah yang kering maka belilah pelembab wajah untuk wajah yang kering dan begitu juga sebaliknya. Dengan begitu Anda pasti tidak akan salah didalam memilih pelembab wajah.

8. Pilih Produk Pelembab Wajah Berbahan Alami
Setelah mengetahui apa jenis kulit wajah Anda maka selanjutnya yaitu mengetahui bahan apa saja yang terkandung didalam pelembab wajah yang akan Anda beli. Jangan tergiur membeli pelembab wajah yang berharga murah dan mengklaim aman sebelum Anda mengetahui apa saja kandungan yang terdapat didalam pelembab tersebut. Ini sangat penting karena pelembab wajah yang bagus dan aman biasanya terbuat dari bahan-bahan alami dan terbebas dari bahan-bahan kimia berbahaya.

Pelembab wajah yang berbahan dasar alami tidak akan menyebabkan iritasi maupun alergi pada kulit wajah sehingga bisa dipastikan sangat aman untuk wajah Anda. Cobalah searching di internet dan mencari tahu apa saja kandungan yang terdapat pada pelembab wajah yang akan Anda beli.

9. Jangan Sering Gonta-ganti Pelembab Wajah
Apabila Anda sudah menemukan satu merk produk pelembab wajah yang cocok dan sesuai untuk jenis kulit Anda maka jangan pernah mencoba-coba atau gonta-ganti pelembab wajah dengan merk lain. Kebiasaan gonta-ganti produk pelembab wajah bisa berdampak negatif untuk kulit wajah Anda. Pertahankan saja satu merk produk yang telah sesuai dan cocok untuk Anda.

10. Jangan Terkecoh Dengan Harga
Dalam industri perawatan kulit, Anda tidak selalu mendapatkan hal yang setara dengan harga yang harus Anda bayar. Tonik wajah seharga ratusan ribu yang menjanjikan kulit yang bercahaya, bebas kerutan dan noda, mungkin bisa saja hanya menimbulkan munculnya jerawat. Jadi, lebih baik perhatikan pada daftar bahannya, bukan pada label harganya.

Jika Anda memiliki kulit sensitif, carilah produk yang bebas pewangi dan bebas minyak. Bagi yang memiliki wajah berminyak, perhatikan pada produk pelembab yang memiliki formula ‘non comedogenic’ atau ‘non acnegenic’.


Dengan meneliti dan memperhatikan bahan-bahan yang tepat untuk kulit wajah Anda, Anda nantinya bisa menemukan produk pelembab dengan harga terjangkau yang menawarkan kombinasi bahan yang tepat.