10 Cara Terbaik Menghilangkan Komedo Wajah



Tips Menghilangkan Komedo di Wajah - Setiap orang pasti menginginkan wajah yang bersih dan bercahaya. Tapi pada kenyataannya banyak faktor yang menjadikan wajah kita menjadi kusam dan kotor, salah satu penyebab yang sering kita temukan adalah munculnya komedo pada wajah.

Komedo biasa timbul pada wajah yang memiliki kulit yang berminyak dan berjerawat. Biasanya kita jumpai berwarna putih kekuningan muncul dipermukaan kulit dan begitu mengganggu dan merusak penampilan. Tak heran jika banyak sekali yang ingin mengetahui bagaimana cara menghilangkan komedo dengan cepat dan tuntas.

Berikut 10 cara menghilangkan komedo yang bisa Anda simak.

Cuci Muka Secara Teratur
Cuci wajah ketika bangun tidur dan malam hari sebelum tidur untuk menghilangkan penumpukan minyak yang dapat menyebabkan komedo. Mencuci wajah yang terlalu sering (lebih dari dua kali sehari) dapat mengiritasi kulit dan membuat komedo dan jerawat menjadi lebih parah. Gunakan produk pembersih yang lembut yang tidak membuat kulit merah atau iritasi.

Keramas
Jangan lupa untuk mencuci rambut setiap hari, terutama jika berminyak atau menggunakan minyak rambut. Minyak rambut dapat menyumbat pori-pori wajah yang akan mempermudah timbulnya komedo dan jerawat. 

Gunakan Produk Bebas Minyak
Setiap produk yang mengandung minyak dapat berkontribusi untuk komedo baru. Pilih produk make up, lotion, dan tabir surya yang bebas minyak.

Perawatan Peeling Chemical
Peeling juga dapat menyingkirkan kotoran dan sel-sel kulit mati penyebab komedo. Teknik ini menggunakan larutan kimia yang kuat yang diterapkan pada kulit. Seiring waktu, lapisan atas kulit akan terkelupas dan meninggalkan kulit halus di bawahnya. 

Bersihkan Wajah 2-3 Kali Sehari
Bersihkan wajah Anda dengan pembersih anti bakteri, khususnya bagian yang berkomedo. Komedo akan bertambah jika anda membiarkan debu, make up, atau keringat menempel terus seharian di wajah Anda.

Oleskan Krim Penghilang Jerawat diatas Kulit Berkomedo
Pilih krim yang mengandung benzoil peroksida. Benzoil peroksida adalah bahan yang baik untuk membunuh bakteri, menyerap minyak, serta cepat menghilangkan komedo dan jerawat.

Pergi ke Salon untuk Facial
Dengan bantuan ahli, maka komedo akan keluar dari dalam kulit dengan cara yang lembut. Jangan mencoba mengeluarkan komedo sendiri, karena kulit dapat terinfeksi.

Datang ke Dokter Kulit
Dalam beberapa kasus, dokter kulit dapat menyuntikkan cairan kortison langsung ke dalam komedo. Selain bisa mengurangi pembengkakan dan kemerahan pada wajah, suntikan ini juga dapat membuat komedo tidak terlihat. Namun, menyuntik kortison tidak boleh terlalu sering, gunakan saat Anda menghadiri acara yang mengharuskan Anda tampil maksimal.

Mencoba Produk Exfoliating
Facial foam yang mengandung scrub atau produk masker mengangkat sel kulit mati dari wajah dapat membantu mengurangi komedo. Carilah produk yang tidak mengiritasi kulit Anda.

Laser dan Light Therapy
Terapi laser dan cahaya akan menghilangkan komedo dengan cara mengurangi produksi minyak atau membunuh bakteri. Sinar laser ini dapat mencapai di bawah permukaan kulit tanpa merusak lapisan kulit bagian atas (permukaan).