10 Manfaat Terbaik Daun Sirsak untuk Kesehatan



10 Khasiat Daun Sirsak untuk Kesehatan - Disamping enak untuk dikonsumsi, buah sirsak sering dijadikan obat untuk menyembuhkan dan mencegah berbagai macam penyakit, karena buah sirsak ini ternyata mengandung banyak kandungan vitamin dan gizi yang baik untuk tubuh.

Tahukah Anda, selain buahnya, daun sirsak juga terkenal memiliki banyak manfaat?. Selama bertahun-tahun, para ilmuwan telah meneliti khasiat dan manfaat daun sirsak. Sama seperti buahnya, daun sirsak ternyata juga memiliki banyak kandungan gizi dan vitamin yang sangat berguna bagi kesehatan.


Berikut 10 manfaat terbaik dari daun sirsak yang bisa Anda simak.

Mengobati Diabetes
Daun sirsak ternyata mampu mengobati penyakit diabetes. Hal tersebut dikarenakan adanya nutrisi dalam ekstrak daun sirsak yang teruji mampu menstabilkan jumlah kadar gula darah pada tubuh manusia dalam kisaran normal sehingga bisa dijadikan sebagai obat herbal untuk diabetes. 

Cara pembuatan obat herbal ini cukup mudah, pertama siapkan daun sirsak sebanyak 2 hingga 5 lembar. Kemudian dibersihkan dengan air mengalir agar kuman dan bakterinya menghilang. Selanjutnya, rebus daun sirsak tersebut dalam 3 gelas air hangat dan biarkan hingga menyusut menjadi 1 gelas. Untuk penderita diabetes, minum ramuan ini secara rutin selama 3 hingga 4 hari di pagi dan malam hari agar hasil yang ditunjukkan maksimal.

Membantu Meredakan Nyeri pada Otot
Mengkonsumsi air rebusan daun sirsak juga diyakini mampu meredakan nyeri pada otot-otot manusia. Hal tersebut dikarenakan adanya kandungan pada daun sirsak yang mampu merelaksasi otot sehingga nyeri pada otot semakin berkurang.

Melebarkan Pembuluh Darah pada Tubuh
Pembuluh darah yang sempit mengakibatkan munculnya penyakit jantung dan stroke yang sangat berbahaya bagi tubuh. Namun, tidak perlu khawatir sebab air rebusan daun sirsak memiliki kemampuan untuk melebarkan pembuluh darah sehingga darah dapat mengalir sebagaimana mestinya.

Membunuh Cacing Parasit
Manfaat daun sirsak selanjutnya adalah membunuh cacing parasit. Manusia, terutama yang masih anak-anak sangat rentan terjangkit cacing parasit karena sering bermain di tempat-tempat kotor dan tidak menggunakan alas kaki saat bermain. Nah, air rebusan daun sirsak ini mampu mematikan cacing parasit dalam tubuh tanpa memberikan efek samping apapun.

Mengatasi Rematik
Biasanya, penyakit rematik lebih sering dialami pada orang-orang yang telah lanjut usia. Penderita rematik ini akan merasakan sakit luar biasa pada bagian tulang. Bahkan tak jarang dari mereka yang tidak bisa melakukan kegiatan seperti biasanya karena penyakit ini. 

Cara penggunaan untuk mengobati rematik berbeda dengan obat lainnya. Pertama, Anda haluskan terlebih dahulu daun sirsak yang telah dibersihkan. Kemudian, oleskan ke area tubuh yang terasa nyeri akibat rematik, eksim atau arthritis selama dua kali sehari secara teratur. Diamkan selama beberapa menit hingga daun terlihat mulai mengering.

Mencegah Penyakit Batu Ginjal
Batu ginjal adalah gangguan pada ginjal yang disebabkan karena pembentukan atau penimbunan garam kalsium di dalam urine. Daun sirsak memiliki berbagai kandungan alami, seperti annocatalin, anonol, gentisic acid dan masih banyak lagi. Sehingga daun ini dipercaya mempunyai manfaat daun sirsak untuk kesehatan ginjal yakni dengan mencegah penyakit batu ginjal.

Mengatasi Bisul
Bisul adalah penyakit yang tidak terlalu parah namun cukup mengganggu untuk aktivitas sehari-hari. Sebagai pengobatan untuk mengatasi bisul, dibutuhkan beberapa helai daun sirsak yang masih muda untuk kemudian ditempelkan pada bisul hingga mengering. Lakukan hal ini secara teratur agar bisul dapat segera diatasi.

Mengatasi Penyakit Jantung Koroner
Penyakit ini disebabkan karena penumpukan dan penyumbatan lemak pada dinding pembuluh darah di jantung. Sifat vasodilator memaksimalkan manfaat daun sirsak untuk kesehatan jantung dalam memperbesar saluran pembuluh darah yang tersumbat. 

Selain itu, daun sirsak juga bermanfaat untuk mengurangi rasa sakit yang sering muncul sebagai keluhan penderita jantung koroner. Oleh karena itu, ramuan daun sirsak ini sangat cocok bagi penderita penyakit jantung koroner.

Mengobati Batuk Ringan
Selain untuk penyakit berat, daun sirsak ini juga memiliki khasiat sebagai obat batuk. Namun, batuk di sini masih dalam keadaan ringan. Jika batuk sudah parah, maka segeralah periksakan diri ke dokter agar segera ditangani.

Sebagai Obat Wasir
Penderita wasir tidak dapat bebas dalam memilih makanan. Mereka harus menghindari pedas dan asam. Pengobatan secara alami sangat dianjurkan agar penyakit ini dapat diatasi. Maka ekstrak daun sirsak juga bisa menjadi alternatif untuk menyembuhkan penyakit ini.


Demikian 10 informasi tentang manfaat daun sirsak yang bisa Anda simak. Mudah-mudahan bagi Anda yang menderita salah satu dari penyakit diatas bisa teratasi menggunakan daun sirsak sebagai alternatif penyembuhannya.