10 Manfaat Terbaik Jahe untuk Kesehatan



Manfaat Jahe bagi Kesehatan Sehari-hari - Jahe sering dikenal juga dengan salah satu temulawak yang cukup populer di kalangan masyarakat Indonesia. Bahkan tidak hanya di Indonesia saja, di negara lain pun sudah pada mengenal akan manfaat yang dimiliki oleh jahe. 

Jahe sering digunakan untuk menghangatkan tubuh misalnya dengan cara diseduh dengan menggunakan air hangat. Namun, jangan sampai kita berpikiran bahwa manfaat dari jahe hanya bisa menghangatkan tubuh saja karena masih banyak manfaat lainnya yang bisa didapatkan apabila kita mau mengkonsumsi jahe. 

Salah satu buktinya adalah cukup banyak produk Indonesia baik itu pada makanan atau pun obat-obatan yang menggunakan jahe sebagai bahan tambahannya. Hal ini dikarenakan para produsen tersebut telah mengetahui akan manfaat yang terkandung didalam tanaman jahe.

Berikut 10 Manfaat Jahe bagi Kesehatan yang bisa Anda simak.

Melancarkan Peredaran Darah
Kandungan Gingerol pada jahe yang bersifat antikogulan bisa mencegah terjadinya penggumpalan darah, sehingga dapat mencegah tersumbatnya pembuluh darah. Dengan begitu Manfaat jahe bagi kesehatan sangat berguna untuk mencegah tersumbatnya peredaran darah yang bisa menyebabkan penyakit stroke dan juga jantung.

Mencegah Perut Buncit
Mengkonsumsi jahe sebelum makan bisa mencegah kita akan terjadinya perut buncit. Hal ini dikarenakan jahe sendiri dapat melancarkan metabolisme dan juga pencernaan. Dengan adanya peningkatan metabolisme tersebut, akan mempercepat pembakaran kalori dan meratakan perut buncit.

Membuat Tubuh Perkasa
Kandungan senyawa yang dimiliki oleh jahe ada yang bersifat inklamasi. Hal ini sangat efektif sekali untuk membangun otot pada bagian tubuh kita. Berdasarkan sebuah penelitian, mengkonsumsi jahe secara teratur dapat membantu mengurangi rasa sakit pada otot yang disebabkan oleh latihan fisik secara berlebihan.

Menurunkan Berat Badan
Jahe berfungsi juga untuk melebarkan pembuluh darah yang membakar kalori menjadi panas tubuh. Selain itu, jahe hanya mengandung sedikit kalori sehingga tidak berkontribusi menaikan berat badan kita. Seduhan jahe setiap hari sangat baik sekali untuk menjaga kesehatan dan metabolisme tubuh.

Sebagai Obat Jerawat
Salah satu penelitian yang telah dilakukan di Universitas Maryland Medical Center, untuk membantu mencegah timbulnya jerawat dianjurkan supaya mengkonsumsi jahe maksimal 4 gr/ hari. Karena kalau dikonsumsi secara berlebihan dapat menyebabkan efek samping seperti iritasi, mules, dan diare.

Membersihkan Kotoran didalam Tubuh
Apabila kita sering mengkonsumsi jahe dengan cara diseduh, biasanya hal tersebut dapat membuat tubuh kita berkeringat. Melalui keringat itulah dikeluarkannya berbagai kotoran jahat yang ada didalam tubuh.

Menurunkan Tekanan Darah Tinggi
Jahe memiliki kemampuan dalam melebarkan pembuluh darah dan merangsang pelepasan hormon adrenalin. Oleh karena itu, darah akan mengalir lebih cepat dan menurunkan tekanan darah tinggi Anda.

Meningkatkan Fungsi Otak dan Melindungi dari Penyakit Alzheimer
Stres oksidatif dan peradangan kronis dapat mempercepat proses penuaan. Mereka diyakini menjadi salah satu pendorong utama penyakit Alzheimer dan penurunan kognitif yang berkaitan dengan usia. Beberapa penelitian pada hewan menunjukkan bahwa antioksidan dan senyawa bioaktif jahe dapat menghambat respon inflamasi yang terjadi di otak.

Menurunkan Tingkat Kolesterol
Tingginya kadar lipoprotein LDL (kolesterol “buruk”) terkait dengan peningkatan risiko penyakit jantung. Makanan yang anda makan memiliki pengaruh yang kuat pada tingkat LDL. Dalam sebuah studi selama 45 hari dari 85 individu dengan kolesterol tinggi, 3 gram bubuk jahe menyebabkan pengurangan yang signifikan pada tingkat kolesterol.

Membantu Mengatasi Gangguan Pencernaan Kronis
Gangguan pencernaan kronis (dispepsia) ditandai dengan nyeri berulang dan ketidaknyamanan dibagian atas perut. Hal ini diyakini bahwa pengosongan perut yang tertunda adalah pendorong utama dari gangguan pencernaan tersebut. Menariknya, jahe telah terbukti mempercepat pengosongan lambung pada orang-orang dengan kondisi ini.

Dalam sebuah penelitian dari 24 orang sehat, 1,2 gram bubuk jahe sebelum makan membuat waktu yang diperlukan untuk pengosongan lambung berkurang sebesar 50%. Setelah makan sup, jahe mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk mengosongkan perut menjadi 12-16 menit.


Demikian 10 manfaat jahe terbaik yang bisa Anda simak. Mudah-mudahan setelah membaca dan memahami ragam manfaat jahe diatas, Anda bisa memaksimalkan khasiat jahe yang sangat besar bagi kesehatan tubuh Anda.