10 Tips Pilihan Memilih Foundation Wajah




Cara Memilih Foundation Secara Tepat - Foundation dalam kamus kecantikan wanita merupakan sesuatu yang sangat esensial. Tapi perlu diingat fungsi foundation adalah untuk menutupi kekurangan pada wajah, bukan untuk mengubah warna kulit. Jadi, pilih warna foundation yang paling mendekati kulit wajah. Indikasi pilihan Anda sudah benar adalah warna foundation terlihat menyatu dengan kulit.

Seringkali, meskipun, wanita mengeluh bahwa perawatan kulit mereka tidak memberikan hasil yang baik. Jangan salahkan program perawatan kulit. Mungkin masalahnya terletak dalam memilih foundation yang salah. Anda lihat, banyak orang percaya bahwa semua foundation yang sama akan memberikan hasil yang sama bagi kulit Anda, serta akan memberikan hasil yang sama.

Namun, jika Anda memiliki kulit bermasalah, apakah itu terlalu berminyak atau terlalu kering, gantilah foundation Anda, bisa jadi ini trik untuk mendapatkan perawatan kulit Anda agar bekerja dengan sempurna.

Berikut 10 hal penting yang perlu Anda ketahui untuk memilih foundation yang tepat untuk kulit Anda.

1. Sesuaikan Dengan Usia
Dalam memilih foundation, Anda perlu menyesuaikan dengan usia. Wanita yang lebih tua sebaiknya tidak menggunakan foundation jenis matte karena dapat menimbulkan garis-garis halus. Lebih baik menggunakan foundation dewy karena dapat memberikan kesan lebih muda.

2. Ketahui Jenis Kulit
Apakah kulit Anda berminyak, kering atau diantara keduanya? Mengetahui jenis kulit adalah hal yang juga penting dalam memilih foundation. Foundation cair yang berfungsi untuk melembabkan tidak cocok untuk wajah berminyak. Sedangkan powder foundation tidak cocok untuk kulit kering. Jika kulitmu kering, gunakan foundation cair, dan jika berminyak gunakan powder foundation.


3. Ketahui Tone Kulit Anda
Mengetahui tone kulit sangat penting dalam memilih foundation yang tepat. Apakah kulit Anda memiliki tone yang hangat, dingin atau netral. Tone wajah yang hangat terdiri dari bagian-bagian berwarna gelap seperti mata dan rambut yang hitam. Tone yang dingin memiliki kulit yang lebih putih dan warna rambut merah atau pirang. Tone yang netral di tengah-tengah kriteria tersebut.

4. Pilih Beberapa Warna Sekaligus
Pilih beberapa warna sekaligus, mulai dari yang menurut Anda warna yang tepat, satu warna yang lebih muda, dan satu warna yang lebih gelap. Dengan begitu, saat dicoba langsung di kulit, hasilnya akan lebih jelas, warna mana yang paling sesuai. Hindari memilih warna yang jauh terlalu terang, atau jauh terlalu gelap karena akan membuat penampilan secara keseluruhan menjadi tidak sedap dipandang mata.

5. Coba Langsung Foundation di Kulit Wajah
Untuk menentukan warna mana yang paling mendekati warna asli, oleskan foundation di pipi atau rahang. Banyak wanita yang mengoleskan foundation di punggung tangan, padahal kalau dibandingkan, warna punggung tangan dan wajah cukup berbeda. Terlihat cocok di punggung tangan, belum tentu cocok saat digunakan di seluruh wajah.

6. Kenali Shade Foundation
Seperti warna kulit, shade foundation juga terdiri dari warm dan cool. Anda bisa mencocokkan shade foundation dengan warna dasar kulit. Foundation warna hangat biasanya menggunakan dasar kekuningan, yang dikenal dengan istilah natural, ivory, peach, golden dan copper. Sedangkan foundation warna dingin biasanya bernuansa rose atau pink, yang diwakili istilah pink, rose, sand, porcelain dan olive. Adapun beige termasuk kategori netral.

7. Gunakan Bedak Cair
Bedak cair sangat baik digunakan bagi mereka yang memiliki kulit normal. Tak hanya mampu melembabkan kulit, pigmentasinya juga mampu menyempurnakan kompleksi wajah karena begitu gampang diserap kulit.

8. Pertimbangkan Menggunakan Foundation Cream

Foundation cream mirip dengan foundation cair, tapi lebih tebal. Foundation krim cenderung memiliki pelembab sehingga paling cocok untuk wanita dengan kulit kering.

Dengan menggunakan foundation ini, Anda akan bisa memerangi titik-titik kering dan kesempatan lebih baik menjaga kulit Anda dari dehidrasi. Foundation jenis ini memiliki kadar minyak yang tinggi, dan cenderung akan menyumbat pori-pori, 
baik bagi mereka yang memiliki kulit kombinasi. Krim dengan formula bubuk biasanya dalam bentuk compact dan Anda harus memakainya dengan spons kosmetik.

9. Pilihlah Mineral Foundation

Sangat baik digunakan bagi mereka yang memiliki kulit berminyak. Foundation tipe ini terlihat paling natural dibandingkan dengan yang berbentuk cair, cream atau bedak padat. karena bentuknya yang seperti bedak tabur. Foundation ini juga cocok bagi kulit yang sensitif, selain itu anda harus menguasai teknik yang tepat.

10. Pilih yang Mengandung Sun Protection
Kulit cantik belum lengkap apabila tidak terlindungi dari pengaruh buruk lingkungan luar. Pilihlah foundation yang memiliki kandungan pelindung matahari di dalamnya. Lebih baik lagi apabila perlindungan tersebut didapat dari bahan aktif seperti titanium dioxide atau zinc oxide. Kedua bahan ini bekerja lembut pada kulit yang rentan mengalami iritasi seperti kulit di sekitar mata. Ingin memperkuat perisai perlindungan dari sinar matahari? Timpa foundation Anda dengan pressed powder ber-SPF. 


Sebagai tambahan, jika Anda tidak bisa menemukan warna yang sesuai, campur dua warna foundation hingga menemukan warna yang pas dengan kulit wajah. Memilih warna foundation yang tepat di kulit wajah memang cukup tricky. Untuk itu, pastikan pencahayaan di tempat Anda cukup terang.