10 Tips Pilihan Memilih Gaun Pernikahan




Tips Memilih Gaun Pernikahan untuk Calon Mempelai - Penting bagi calon pengantin perempuan untuk mengetahui gambaran besar seperti apa gaun yang ia kenakan saat acara nanti, apakah gaun berpotongan sederhana atau bervolume, maupun kesan berkelas atau model zaman dulu. Pasalnya, begitu datang ke perancang atau membeli gaun siap pakai, ia akan menghadapi begitu banyak pilihan sehingga dapat membuat bingung gaun seperti apa yang ingin ia pakai.

Tak salah memang punya bayangan dan keinginan soal gaun pengantin impian dan ingin mewujudkannya. Yang menjadi sebuah kesalahan adalah ketika mulai ada banyak hal yang dipaksakan dan membuat si pemakai jadi tak nyaman menggunakannya.


Berikut 10 tips penting yang harus diketahui calon pengantin dalam memilih gaun yang akan dikenakan nanti saat prosesi pernikahan. Tips ini juga bisa membuat calon pengantin bisa nyaman memakai gaun pernikahan sesuai karakternya.

Pengantin Bertubuh Pendek atau Berukuran Petite

Jatuhkan pilihan pada gaun bersiluet empire line. Pilih juga material yang ringan dan melayang sehingga memberi kesan tubuh lebih tinggi.

Pengantin dengan Dada Penuh

Tuntun perhatian ke area bawah tubuh, misalnya gaun pengantin dengan detail di bagian pinggang atau bagian bawah. Hindari gaun dengan model leher V dan pastikan juga bagian atas gaun minim detail.

Pengantin yang Tinggi dan Langsing
Strapless ballgown dengan detail cantik di bagian atas bisa menjadi pilihan gaun yang pas. Meskipun bentuk tubuh ini terkesan ideal, hindari gaun yang siluetnya mengikuti bentuk tubuh, karena bisa membuat Anda tampak semakin kurus dan tipis.

Pengantin Kurus dengan Tulang Bahu Menonjol

Pilih gaun yang mengikuti bentuk tubuh atau bersiluet A-line dengan neckline tinggi. Agar terkesan tubuh lebih bervolume, pilih juga gaun dengan aplikasi detail yang kaya, terutama dibagian bawah.

Pengantin dengan Kaki Pendek

Jatuhkan pilihan pada gaun panjang model sheath. Padukan dengan sepatu platform berhak tinggi yang nyaman agar proporsi tubuh terlihat sempurna.

Pengantin dengan Pangkal Lengan Berisi

Gaun berlengan panjang yang minim detail dan tidak terlalu ketat dapat menciptakan ilusi lengan yang lebih ramping. Selain itu, hindari detail yang berat diarea bahu dan lengan.

Pengantin dengan Pinggul Berisi

Pilihlah gaun model “princess style”. Bagian atas gaun pas di tubuh, sedangkan bagian bawahnya melebar (flare) namun tidak berat. Sehingga dapat menyamarkan area pinggul dan memberi kesan merampingkan.

Pengantin Berbahu Bidang

Samarkan daerah tersebut dengan mengenakan gaun dengan leher model V. Bisa juga memilih gaun dengan model strapless, tapi padukan dengan bolero atau lilitan selendang transparan. Hindari lengan model puff dan potongan leher persegi.


Wanita dengan Bentuk Tubuh Menyerupai Jam Pasir
Postur tubuh wanita yang menyerupai jam pasir, adalah siluet yang ideal bagi wanita. Wanita yang memiliki bentuk tubuh ini, proporsi tubuhnya seimbang dan memiliki pinggang yang kecil. Hampir semua desain gaun pengantin untuk pernikahan Anda sesuai dengan bentuk tubuh Anda. Maka, jika Anda sudah menemukan gaun pernikahan yang sesuai, Anda hanya perlu mempertimbangkan warna serta desain yang di sesuaikan dengan tema pernikahan Anda.

Cari Seseorang yang Bisa Membantu Mendesain Baju Pengantin Anda. 
Tips terakhir yang bisa Anda lakukan selanjutnya adalah mencari designer. Sebelumnya lihat dulu contoh hasil desain yang telah dibuatnya. Kalau punya keluarga atau kerabat yang jago mendesain pakaian, boleh juga jadi pilihan.

Luangkan waktu cukup banyak untuk ngobrol dengan designer baju Anda. Sejak awal, ingatkan pada si designer untuk konsisten mengikuti jadwal bertemu yang Anda dan dia buat.

Catat semua detail yang dibicarakan dengan designer baju pengantin Anda. Jika memang ada pengeluaran, jangan lupa dicatat juga agar pada saat pembayaran nanti tidak terjadi kesalahpahaman.

Setelah semuanya sepakat, mulailah sharing ide-ide Anda pada si designer. Dalam membuat baju, pertimbangkan tema dan lokasi pernikahan. Untuk menambah referensi, bisa dilihat majalah-majalah atau situs pernikahan. Toko atau butik baju pengantin juga bisa jadi tempat untuk memperoleh tambahan ide.