6 Manfaat Habbatussauda untuk Kesehatan




Manfaat Jintan Hitam untuk Pengobatan Kesehatan - Habbatussauda atau jintan hitam tidak hanya dikenal di Indonesia, tetapi diberbagai negara pun tanaman ini sangat dipercaya akan keampuhannya dalam mengobati berbagai jenis penyakit. Di setiap negara, tanaman ini memiliki sebutan nama yang berbeda-beda, misalnya di Arab Saudi tanaman ini disebut dengan nama habbatul barakah, di Inggris disebut dengan nama black seed, black caraway, natura seed, love-in-the-mist, nutmeg flower, black cumin. Di Malaysia dikenal dengan nama jintan hitam, di Turki dikenal dengan nama corek out, dan di India dikenal dengan nama kalonji.

Meskipun biji jintan hitam kecil, tapi bijinya sangat bermanfaat, hal ini karena dalam jintan hitam ada lebih dari seratus senyawa kimia. Dalam Islam ada keyakinan bahwa jintan hitam mengandung berbagai bahan yang bisa mengobati semua jenis penyakit kecuali ajal yang menjemput. 


Dibawah ini merupakan beberapa manfaat habbatussauda dan proses penyajian untuk mengobati penyakit yang bisa Anda simak.

6 Manfaat Habattussauda untuk Pengobatan Kesehatan

1. Mengatasi Gangguan Perut dan Pernafasan
Histamin merupakan sebuah senyawa yang dapat dilepaskan oleh sistem kekebalan tubuh sehingga akan mengakibatkan reaksi alergi. Senyawa crystalline nigellone yang terdapat dalam jintan hitam memiliki protein kinase c, yaitu substansi yang dikenal dapat menghadang pelepasan histamin. Pemberian jintan hitam berguna dalam mengurangi reaksi alergi di sebagian besar penderita bronchitis, asma serta penyakit alergi yang lainnya tanpa adanya efek samping .

Bagi pengobatan asma dan alergi, cara mengobati dengan jintan hitam yaitu, ambil secangkir air hangat , tambah dengan satu sendok madu, ambil juga setengah sendok teh minyak atau bisa juga ekstrak jintan hitam atau habatussauda. Selanjutnya, bahan-bahan tersebut dicampur dan minum setiap pagi hari sebelum sarapan maupun setelah makan malam. Sebaiknya hindari makanan yang dingin serta membawa alergen.

2. Mengatasi Jerawat
Thymoquinine adalah salah satu zat yang terkandung di dalam jintan hitam. Thymoquinine merupakan obat anti inflamasi yang efektif. Minyak jintan hitam bisa digunakan sebagai salep yang dioleskan pada permukaan jerawat yang meradang. Untuk mencegah jerawat dan menghaluskan kulit, ambil satu sendok makan minyak zaitun yang dicampur dengan setengah sendok teh minyak jintan hitam. Gosokkan pada wajah, selanjutnya cuci wajah dengan air sabun setelah satu jam.

3. Jintan hitam untuk Mengobati Kanker
Asam lemak yang terkandung dalam jintan hitam dapat menghadang perkembangan kanker. Jintan hitam bisa menstimulasi produktivitas dan imunitas sel tulang sumsum, serta pembuatan interferon, melindungi sel-sel tata caral, dan melawan sel tumor tanpa merusak sel-sel yang sehat .

Untuk pengobatan kanker, campurkan satu gelas jus anggur dan setengah sendok teh minyak habbatussauda. Minum sebanyak tiga kali sehari. Pengobatan mungkin bisa berpribadi selama empat puluh hari. Selain itu, Anda juga dapat menggosok minyak jintan hitam pada tubuh yang terkena kanker selama dua minggu.

4. Mengatasi Gangguan Pencernaan
Jintan hitam efektif dalam melawan bakteri yang dikenal sangat tahan terhadap obat-obatan, seperti bakteri yang dapat menyebabkan kolera, e-Coli, dan shigella spp. Sehingga dengan kandungan inilah yang membuat jintan hitam dapat dimanfaatkan dalam mengobati gangguan sistem pencernaan yang diakibatkan oleh infeksi bakteri seperti penyakit perut, dispepsia, diare, dan muntaber .

Untuk mengobati gangguan pencernaan yaitu, ambil 1/2 sendok teh minyak/ ekstrak jintan hitam dan 1 cangkir susu. Campurlah kedua bahan tersebut. Campuran tersebut bisa diminum dua kali sehari. Bisa ditambah dengan 1 sendok teh bubuk jahe.

5. Untuk Mengobati Peradangan
Untuk mengobati peradangan yang ada di pergelangan kaki dan sendi lain, ambilah satu sendok makan cuka, dua sendok madu, dan 1/2 sendok teh minyak jintan hitam. Oleskan ramuan ini sebanyak dua kali dalam sehari. Fungsinya yaitu untuk memijat bagian yang meradang.

6. Meningkatkan Kuantitas ASI
Jintan hitam juga bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan kuantitas susu pada ibu yang sedang menyusui. Kombinasi unsur-unsur tertentu dan struktur hormon lipid yang terdapat di dalamnya mampu membantu ibu dalam memproduksi ASI. 

Didalam jintan hitam juga terkandung arginine, zat ini penting dalam pertumbuhan pada bayi. Sayangnya, belum banyak yang mengetahui keamanan dalam menggunakan biji jintan hitam ini dikala menyusui.

Demikian manfaat dari habbatussauda atau jintan hitam yang bisa Anda simak. Mudah-mudahan dengan membaca informasi diatas sedikit banyaknya bisa menambah wawasan Anda tentang ragam manfaat dari biji jintan hitam atau habbatussauda.