Kanker Payudara,Penyebab dan Ciri-ciri yang Menyertainya



Ciri-ciri dan Penyebab Kanker Payudara - Kanker payudara merupakan salah satu penyakit yang cukup berbahaya, terutama untuk wanita. Jenis penyakit ini disebabkan oleh sel kanker yang tumbuh di jaringan payudara. Berdasarkan penelitian selain kanker serviks, penyakit kanker payudara ini adalah salah satu jenis penyakit lain yang cukup sering dialami oleh para wanita dan sangat berbahaya apabila sudah cukup parah.

Nah, jika Anda mengalami penyakit yang menyerang jaringan payudara ini dan sudah cukup parah, maka jalan keluar yang biasanya dilakukan adalah operasi atau pembedahan. Tapi tindakan yang dilakukan penderita seharusnya tidak berhenti sampai di situ saja. Untuk proses selanjutnya perlu juga dilakukan kemoterapi dan juga radiasi.

Berikut 5 faktor atau penyebab kanker payudara yang bisa Anda simak.

Faktor Penyebab Kanker Payudara

  • Genetik
Sekitar 5% sampai 10% dari penderita kanker payudara disebabkan oleh faktor genetik. Tubuh manusia normal memiliki gen yang mengendalikan pertumbuhan tumor yang disebut Gen BRCA1 dan BRCA2. Apabila gen ini rusak atau bermutasi, maka pertumbuhan sel tidak dapat dikendalikan dan akhirnya timbul sel kanker.
  • Riwayat Individu
Wanita yang pernah menderita kanker payudara pada salah satu bagian payudaranya, misalnya payudara kanan, beresiko menjalarkan kanker payudara tersebut pada bagian lain tubuhnya yakni payudara sebelah kiri. Meskipun sel kankernya sudah diangkat dari dalam jaringan payudaranya, tetap saja wanita tersebut masih beresiko terserang kanker payudara.
  • Usia
Wanita yang berusia lebih dari 55 tahun beresiko lebih besar terkena kanker payudara. Hal ini disebabkan oleh kemampuan pengendalian sel dan fungsi organ tubuh yang sudah menurun sehingga menyebabkan sel tumbuh tidak terkendali. Dua dari tiga penderita kanker payudara adalah wanita diatas usia 55 tahun.
  • Gender
Gender atau jenis kelamin adalah salah satu faktor resiko kanker. Wanita beresiko 100 kali lebih besar menderita kanker payudara dibanding laki-laki. Hal ini disebabkan karena pada wanita, payudara lebih berkembang dan memiliki lebih banyak jaringan didalamnya dibandingkan pria.

Jaringan dalam payudara pria tidak mengalami pertumbuhan sebagaimana payudara wanita. Selain itu pria tidak memiliki kadar estrogen dan progesteron yang tinggi seperti pada wanita. Kedua hormon ini adalah salah satu pemicu kanker payudara.
  • Riwayat Keluarga
Wanita yang memiliki anggota keluarga yang pernah menderita kanker payudara memiliki resiko yang lebih besar. Jika seorang wanita memiliki ibu, bibi atau saudara perempuan yang menderita kanker payudara, ia memiliki resiko 2 kali lipat menderita kanker payudara. Sementara resiko pada generasi selanjutnya, misalnya jika wanita tersebut memiliki anak, maka anak dari wanita tersebut memiliki resiko tiga kali lebih besar dari ibunya.


Setelah menyimak 5 faktor yang menyebabkan tumor atau kanker payudara diatas, Anda juga bisa menyimak 8 ciri-ciri kanker payudara yang biasanya di idap penderita. Berikut ciri-cirinya.

Gejala atau Ciri-ciri Kanker Payudara

  • Benjolan di Ketiak
Terdapat benjolan dibawah ketiak merupakan salah satu indikasi kanker payudara yang paling umum. Segeralah melakukan pemeriksaan kesehatan, jika memungkinkan lakukan pemeriksaan USG.
  • Terdapat Benjolan
Munculnya benjolan pada payudara merupakan gejala umum kanker payudara yang perlu Anda waspadai. Benjolan pada payudara tidak selalu menjadi indikator seseorang terjangkit kanker payudara, pasalnya tanpa adanya benjolan pada payudara pun, seseorang bisa dikatakan menderita kanker payudara. Meskipun begitu, benjolan pada payudara tetap harus Anda waspadai.
  • Keluar Cairan Kuning
Pada penderita kanker payudara, jika putingnya ditekan akan keluar cairan berwarna kuning seperti nanah. Maka dari itu, cobalah tekan puting anda dengan lembut dan periksa, apakah keluar cairan atau tidak.
  • Keluar Darah
Keluarnya darah dari puting juga termasuk gejala kanker payudara yang perlu diperhatikan. Hal ini harus Anda waspadai, karena tidaklah normal jika puting anda mengeluarkan cairan seperti darah apabila tidak dalam kondisi hamil atau menyusui.
  • Terdapat Lesung
Seperti yang kita tahu bahwa kanker payudara tidak selalu ditandai dengan adanya benjolan pada payudara. Pasalnya, terdapat cekungan seperti lesung pipi pada payudara juga merupakan indikasi seseorang menderita kanker payudara.
  • Warna Berubah
Selain adanya benjolan dan perubahan bentuk pada payudara, gejala lain kanker payudara adalah berubahnya warna payudara itu sendiri. Periksa payudara Anda di depan cermin, dan lihat apakah warna payudara Anda berubah atau tidak.
  • Tektur Berubah
Salah satu gejala kanker payudara adalah berubahnya tekstur payudara itu sendiri. Maka dari itu, Anda sebagai pemilik payudara harus melakukan pemeriksaan terhadap payudara Anda, apakah terjadi perubahan bentuk atau tidak.
  • Bentuk Puting Berubah
Periksa payudara Anda, apakah ada perubahan pada puting payudara Anda seperti rasa gatal, seakan terbakar dan puting seperti tertarik ke dalam. Karena hal tersebut merupakan salah satu indikasi seseorang menderita kanker payudara.


Demikianlah informasi mengenai penyebab dan ciri-ciri kanker payudara. Semoga ulasan mengenai kanker payudara diatas bisa menambah wawasan Anda tentang kanker payudara.