10 Cara Pilihan Mengatasi Rambut Rontok




Penyebab Rambut Rontok dan Cara Jitu Mengatasinya - Rambut merupakan mahkota manusia yang dapat menunjang penampilan, bahkan rambut menjadi hal yang sangat penting untuk menunjang penampilan. Oleh sebab itu sangat menakutkan sekali jika rambut mengalami kerontokan. Rambut rontok bisa menjadi masalah serius bagi semua orang, hal ini dikarenakan rambut rontok dapat menyebabkan kebotakan dan tentu saja ini sangat menakutkan sekali. 

Sebelum kita membahas solusi untuk mengatasinya, mungkin perlu juga untuk diketahui hal-hal yang mungkin menjadi penyebab rontoknya rambut Anda yaitu kurangnya nutrisi yang tepat, penuaan, perubahan hormonal, stres, rambut pecah-pecah, faktor keturunan, sakit lama, obat-obatan seperti steroid dan mungkin masih ada faktor lainnya.

Sebagai langkah preventif atau pencegahannya, berikut informasi yang bisa Anda simak:

Berlakulah Lembut dengan Rambut yang Basah. 
Hindari menggaruk rambut yang kering, dan menyisir rambut yang masih basah. 
Rambut lebih rentan mengalami kerusakan ketika basah. Pijat daerah kulit kepala Anda sesering mungkin. Hal ini untuk merangsang aliran darah di kepala Anda, yang pada akhirnya akan mendorong pertumbuhan dan kesehatan rambut yang lebih baik.

Jangan Terlalu Sering Mengikat Ketat dan Memanaskan Rambut. 
Membuat banyak tekanan pada rambut akan menambah kerusakan dan rambut rontok . Styling rambut memang sangat penting ketika Anda keluar rumah. Namun sebisa mungkin kurangilah perlakuan memanaskan rambut. Panas cenderung akan membuat rambut kering, yang dapat menyebabkan rambut semakin rapuh. Akhirnya rambut akan rontok. 

Jangan Mencuci Rambut dengan Air Panas
Sebaiknya selalu gunakan air dingin atau sesuai suhu kamar. Jika rambut kering ketika Anda keluar dari kamar mandi adalah indikasi jika air terlalu panas untuk rambut Anda.

Berolahraga Secara Teratur
Olahraga akan meningkatkan aliran darah didalam tubuh, dan ini akan membantu stimulasi di kulit kepala.

Hindari Kafein
Jika Anda memiliki rambut kering, rubahlah kebiasaan Anda mengkonsumsi kafein. Kafein lebih banyak menguras nutrisi dari dalam tubuh. Termasuk nutrisi yang dibutuhkan oleh rambut juga tidak luput. Jadi mengurangi kopi akan membantu untuk menjaga rambut Anda tetap sehat. 

Gaya hidup yang tidak sehat juga, seperti kebiasaan makan junk food dan semua kebiasaan yang tidak sehat bisa menyebabkan rambut rontok karena kadar racun yang tinggi dalam tubuh.

Setelah kita menyimak hal-hal yang harus dihindari terkait dengan perawatan rambut, maka 10 tips dibawah ini bisa menjadi cara untuk mengatasi kerontokan dari rambut Anda.

Yoghurt
Salah satu bahan yang bisa mengatasi masalah kerontokan rambut Anda adalah yoghurt. Caranya sangatlah mudah, yaitu cukup mengoleskan yoghurt para kulit kepala kemudian diamkan sekitar 15 menit lalu bilas dengan air bersih atau keramas. Lakukan langkah ini secara rutin 3 kali seminggu agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Jeruk Nipis
Jeruk biasanya identik dengan obat sakit tenggorokan, namun ternyata jeruk nipis bisa juga bermanfaat untuk mengatasi rambut rontok. Caranya sangat mudah sekali, Anda cukup mengambil sebuah jeruk nipis yang telah dibelah menjadi dua, kemudian usapkan pada kulit kepala. Diamkan selama 20 menit kemudian keramas. Cara tersebut juga bisa bermanfaat untuk menghilangkan ketombe.

Minyak Essensial
Salah satu jenis minyak essensial yang bisa mengatasi kerontokan rambut yaitu minyak zaitun, minyak kelapa dan minyak wijen. Caranya Anda cukup mengoleskan minyak essensial tersebut pada kulit kepala secara merata sambil dipijat perlahan-lahan. Lakukan langkah ini dua kali dalam seminggu.

Teh Hijau
Caranya sangat mudah, Anda cukup membalurkan air teh hijau ini pada permukaan rambut Anda dan diamkan selama 1 jam, lalu keramas menggunakan shampo biar bersih.

Lidah Buaya
Kandungan ekstra lidah buaya bisa membuat rambut Anda menjadi sehat dan kuat. Selain itu bisa 
juga merangsang pertumbuhan rambut lebih cepat. Caranya sangat mudah, cukup usap-usapkan lendir dari daging lidah buaya pada kulit rambut Anda. Biarkan sampai sekitar 20 menit kemudian bilas dengan air bersih. Lakukan hal tersebut 3 kali dalam seminggu.

Madu
Madu sangat bermanfaat sekali bagi kesehatan tubuh kita. Selain itu madu juga berkhasiat bisa mengatasi masalah rambut rontok. Madu bisa menjadikan rambut lebih kuat dan subur. Caranya yaitu cukup mengoleskan madu pada permukaan kulit kepala secara merata sambil dipijat-pijat selama sekitar 10 menit lalu bilas dengan air bersih. Lakukan ini secara rutin agar bisa mendapatkan hasil yang optimal.


Alpukat
Kandungan protein yang terdapat dalam buah alpukat sangat berguna buat untuk menguatkan akar-akar rambut, selain itu buah alpukat ini juga bisa merangsang pertumbuhan rambut Anda. Caranya yaitu Anda cukup mengambil sebuah alpukat dan haluskan, lalu balurkan secara merata pada kulit kepala. Diamkan selama 15 menit kemudian keramas dengan menggunakan shampo supaya bersih.

Kemiri
Kemiri mempunyai kandungan minyak yang bisa bermanfaat untuk menghitamkan rambut Anda, selain itu juga bisa mengatasi masalah rambut rontok dan membuat akar rambut lebih kuat. Caranya yaitu sangrai kemiri yang telah ditumbuk kasar, lalu tumbuk sampai halus dan berminyak. Kemudian oleskan pada permukaan rambut Anda. Diamkan selama 15 menit kemudian rambut dikeramas supaya bersih.

Jahe
Selain bisa dibuat menjadi minuman yang bisa menghangatkan tubuh, jahe ternyata juga bisa berguna mengatasi masalah rambut rontok. Caranya yaitu blender jahe bersama bawang putih kemudian usapkan pada permukaan rambut Anda, diamkan beberapa saat kemudian keramas biar rambut bersih.

Bawang Putih
Cara penggunaan bawang putih untuk mengatasi rambut rontok yaitu dengan menghaluskan bawang putih kemudian balurkan pada permukaan rambut dan diamkan selama 15 menit lalu bilas menggunakan air bersih.


Demikian 10 cara alami untuk mengatasi rambut rontok. Mudah-mudahan informasi diatas bisa menjawab pertanyaan yang Anda cari tentang bagaimana cara untuk mengatasi rambut rontok.