Efek Kelebihan Vitamin dan Mineral pada Tubuh




Pengaruh Kelebihan Mineral dan Vitamin - Segala sesuatu jika terlalu berlebihan pasti tidak baik. Apa akibatnya jika kita kebanyakan makan vitamin? Ada beberapa pendapat yang saling bertentangan mengenai penggunaan vitamin yang berlebihan yang dikenal dengan istilah megadosis. Megadosis banyak digunakan pada vitamin C, E dan A. Tapi dari beberapa kejadian dan dugaan, penggunaan vitamin secara berlebihan dapat berakibat buruk bagi kesehatan tubuh manusia. Berikut kelebihan vitamin yang bisa Anda simak.

Kelebihan Vitamin A
Kelebihan vitamin A dapat mengakibatkan nafsu makan berkurang, sakit kepala, muntah-muntah, kelainan pada kulit, sakit-sakit pada tulang, pertumbuhan terhambat. Bahkan pada binatang percobaan, penggunaan vitamin A berlebihan dapat mengakibatkan kematian.

Kelebihan Vitamin B
Kelebihan vitamin B seperti juga kelebihan vitamin A dapat mengakibatkan nafsu makan berkurang, muntah-muntah, rasa mual, lesu, gemetar, gangguan pada kulit, haus yang berlebihan dan sering buang air besar. Penggunaan yang berlebihan dalam jangka waktu yang lama sekali dapat berakibat buruk bagi ginjal.

Kelebihan Vitamin C
Kelebihan vitamin C menurut beberapa ahli dapat mengakibatkan lebih besarnya kemungkinan pembentukan batu ginjal, juga gejala lainnya yaitu diare. Namun pendapat lain mengatakan penggunaan secara berlebihan tidak akan mengakibatkan apa-apa karena dapat dibuang dengan cepat oleh tubuh.

Biasanya, gejala-gejala penggunaan vitamin secara berlebihan dapat hilang jika penggunaannya dihentikan. Mungkin tidak demikian halnya dengan vitamin C. Pada beberapa kasus setelah penghentian penggunaan vitamin C secara berlebihan akan memperlihatkan gejala seperti kekurangan vitamin C, yaitu pendarahan di mulut, gigi, goyah dan kulit menjadi kasar.

Selain vitamin, tubuh juga memerlukan mineral yang antara lain berguna dalam proses-proses kimia tubuh, pembentukan jaringan tubuh dan kegunaan lainnya. Namun seperti juga vitamin, penggunaan mineral yang berlebihan pun tidak baik bagi kesehatan. Berikut kelebihan mineral yang bisa Anda simak.


Kelebihan Kalsium
Kalsium dalam tubuh berperan dalam pembekuan darah, keseimbangan ion tubuh, pembentukan tulang dan gigi. Kekurangan kalsium (zat kapur) sudah Anda ketahui, tetapi bagaimana dengan kelebihan zat itu? Vitamin D sangat berperan dalam penyerapan kalsium. Konsumsi vitamin D yang berlebihan akan mengakibatkan penyerapan kalsium berlebihan pula. Penderita radang lambung yang mengkonsumsi susu dan antacid dalam jumlah banyak akan menderita hypercelcemic (keadaan berlebihan zat kapur dalam tubuh) yang mengakibatkan kehilangan nafsu makan dan susah buang air besar kemudian diikuti rasa mual, muntah-muntah, sakit didaerah perut, kadang-kadang otot melemah, gangguan pada emosi, bingung bahkan bisa mengakibatkan psikosa.


Kelebihan Kalium
Kalium dalam tubuh diluar sel yang berlebihan dapat mengakibatkan hal yang fatal. Kenaikan kalium tiga kali dari keadaan kandungan kalium normal akan mengakibatkan kematian. Oleh karena itu sangat berbahaya jika kita sembarangan menambah kalium tanpa sepengetahuan dokter.


Kelebihan Natrium
Natrium banyak sekali terdapat dalam menu sehari-hari kita. Hampir semua masakan selalu diberi garam, yang sebenarnya adalah senyawa natrium. Konsumsi yang tinggi dari mineral ini dapat mengakibatkan seseorang terserang darah tinggi (hipertensi).


Kelebihan Yodium
Yodium sangat berperan dalam aktivitas kelenjar tiroid. seperti yang sering terjadi, kekurangan yodium dapat menyebabkan seseorang menderita gondok. Tapi mengkonsumsi yodium secara berlebihan juga bisa mengakibatkan hal yang sama.

Kelebihan Zat Besi
Zat besi merupakan komponen dai hemoglobin (sel darah merah). Kelebihan zat ini dapat mengakibatkan penimbunan zat besi dibawah kulit dan ini cukup berbahaya.


Kelebihan Fluor
Fluor yang sering digunakan untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi ternyata jika dikonsumsi dalam jumlah berlebihan mempunyai efek yang tidak baik pada tulang.

Sebagai penutup, agar kita tidak kekurangan atau kelebihan gizi, adalah dengan menu yang beraneka dan seimbang sesuai aturan empat sehat lima sempurna. Jika makanan yang dimakan sudah baik, maka tidak diperlukan lagi penambahan vitamin maupun mineral dari luar, kecuali jika tubuh kita sedang dalam kondisi yang kurang baik karena sakit atau bekerja berat. Jika yang kita lakukan hanya kerja rutin setiap hari, maka penambahan vitamin ataupun mineral tidak perlu dilakukan.