Khasiat Buah Apel untuk Kesehatan



Ragam Manfaat Buah Apel - Ternyata sejumlah zat didalam buah apel bisa menurunkan kadar kolesterol, tekanan darah tinggi dan baik bagi penderita insomnia. Karena itu mengkonsumsi apel dalam bentuk pil baik untuk jantung dan pertahanan tubuh. Buah ini juga mengandung pektin, karbohidrat, kalsium, magnesium, fosfor dan kalium.

Pektin merupakan senyawa polisakarida yang dapat larut dalam air dan membentuk cairan kental (jelly) yang disebut mucilago/ mucilagines. Cairan ini bisa berfungsi sebagai pelindung yang melapisi lendir lambung dan usus terhadap kuman, toksin, dan timbulnya luka (ulcer). Karena itu secara tidak langsung apel bisa juga untuk mengobati sakit maag dan menyembuhkan diare.

Fungsi lainnya yaitu memperlambat resorpsi dan menyerap lemak serta gula yang muncul sesudah kita makan karbohidrat. Karena penyerapan lemak inilah kadar kolesterol menjadi menurun. Dengan demikian turun juga kemungkinan penyakit tekanan darah tinggi.

Selain darah tinggi, kolesterol juga sering menyebabkan pembuluh darah arteri tersumbat, yang berakibat timbulnya serangan jantung. Karena itu dapat dimengerti kalau turunnya kolesterol dapat juga mengurangi resiko sakit jantung.

Perlu diketahui juga bahwa pektin bisa langsung terurai dalam usus halus menjadi galaktosa, arabinosa, xylosa yang diserap masuk kedalam darah sehingga praktis tidak lagi berfungsi sebagai lapisan pelindung yang memperlambat resorpsi. Dengan begitu resorpsi lemak tetap terjadi.

Khasiat apel sebagai obat tidur juga dimungkinkan karena didalamnya terkandung mineral magnesium plus kalsium yang dapat berkhasiat sebagai obat penenang alami. Dampaknya memang sangat positif, karena selagi kita tertidur, tubuh secara otomatis akan mereparasi (mengganti) sel yang aus, rusak atau mati sehingga peredaran darah lancar dan tubuh menjadi kuat kembali.