Khasiat Kunyit untuk Kesehatan



Ragam Manfaat Kunyit untuk Kesehatan - Kunyit (kunir) dikenal sebagai jamu penyembuh. Pangkal akar tanaman Curcuma domestica ini berupa umbi berinduk sebesar 2,5 x 5 cm. Pada kedua sisinya sering muncul cabang berbentuk umbi kecil yang disebut umbi rimpang. Namun yang berkhasiat sebagai jamu hanya sari kunyit dari umbi induk.

Dalam umbi kunyit itu terdapat berbagai minyak atsiri (terutama phellandrena, zingiberon, borneol) dan kurkumin, zat pewarna kuning yang bersifat penumpas kuman.

Selain sedap, minyak atsiri berkhasiat mencegah keluarnya getah lambung yang berlebihan, disamping mengurangi gerakan peristalik usus yang terlalu kuat. Karena itu masakan pedas yang dibubuhi kunyit tidak menyebabkan orang berebut kamar kecil setelah makan masakan padang, misalnya.

Selain anti-kuman (sehingga sering dipakai sebagai pengawet tahu atau pencegah pembusukan daging), kurkumin sari kunyit mampu menumpas kuman biang keladi radang tenggorokan yang menimbulkan demam, batuk, atau pancingen (sakit jika menelan). Senyawa hidroksi-metoksifenil-heptadienodion ini bisa diperoleh dengan memeras parutan umbi induk, ditambah air sedikit. Jika dicampur madu atau kuning telur ayam kampung yang dikocok dalam cangkir, lalu diminumkan pada pasien, ia bisa menurunkan demam. Selain tidak punya efek samping seperti antibiotik buatan pabrik farmasi, ramuan telur-madu-kunyit ini lebih mudah dan cepat didapat.

Sari kunyit dicampur dengan air kapur yang ditetesi sari jambe terkenal sebagai kunir apu yang mampu mencegah mencret akibat masuk angin. Untuk orang tua, jamunya agak berbeda. Apalagi jika gejala gangguannya berupa perut kembung dan tinjanya didahului darah dan lendir. Kunyit sebanyak 1/2 jari diiris tipis, lalu digodok bersama gambir satu kubus kecil dan air satu gelas. Setelah mendidih dan dibiarkan menyusut sampai 1/3 gelas, sari godokan itu diminum 3 kali sehari, masing-masing sebanyak 5 sendok makan. Jika mencretnya sudah berkurang, boleh dikurangi sehari hanya 2 kali saja.

Untuk mengobati penyakit susah buang air besar, kunyit bisa bertindak sebagai obat urus-urus. Caranya, kunyit satu jari digodok bersama asam sedikit dan air satu gelas. Setelah dibiarkan mendidih selama 5 menit, sarinya disaring dan diminum sekaligus satu gelas.